Produsen Senjata Andalan Kopassus dan Kopaska Rilis Sniper Baru

Sniper AX MKIII.
Sumber :
  • EDR Magazine

VIVA – Produsen senjata asal Inggris, Accuracy International (AI), meluncurkan dua senapan runduk (sniper rifle) terbaru, yaitu AX MKIII dan AX 50 ELR. Tahukah Anda, kalau Accuracy International salah satu pemasok sniper untuk pasukan khusus Indonesia, seperti Kopassus TNI AD dan Komando Pasukan Katak (Kopaska) TNI AL.

Ketahui Manfaat dan Risiko Saham Blue Chip, Dapatkan Dividen yang Konsisten

Mengutip situs Janes.com dan sejumlah sumber yang dikutip VIVA, Minggu, 16 Februari 2020, keduanya juga telah dipamerkan pada ajang British Shooting Show di NEC, Birmingham, Inggris pada 14-16 Februari 2020 dan menyusul 4-5 Maret mendatang di Nuremberg, Jerman.

Kedua senapan sniper itu telah diproduksi sesuai dengan standar NATO berdasarkan pengalaman operasional dan persyaratan. Sniper AX MKIII dan AX 50 ELR kini sedang dipasarkan secara global, tetapi lebih diutamakan untuk pasar Eropa.

TNI Pasti Profesional Tangani Kasus Oknum Diduga Aniaya Anggota KKB Papua

Senjata AX MKIII adalah senapan runduk yang dirancang untuk kebutuhan operasional di Eropa dan seluruh dunia. Selain itu, AX MKIII merupakan hasil evolusi dari senapan multikaliber AXMC dan adalah varian terbaru dari senapan AXSR yang dibuat khusus untuk pasar Amerika Serikat (AS).

29 Pati TNI Naik Pangkat Satu Tingkat Lebih Tinggi, Ini Daftar Namanya
Sniper AX 50 ELR. Sumber: Solid Solution Designs.

Manajemen Accuracy International mengaku AX MKIII mengedepankan fleksibilitas sebagai senapan sniper multikaliber. Standar yang digunakan adalah 338 Lapua Magnum (8,6 × 70 mm atau 8,58 × 70 mm). Namun, senapan khusus sniper ini dilengkapi multi-calibre conversion kits, sehingga dapat dikonfigurasi misalnya ke kaliber 7,62 mm.

Fitur yang melengkapi AX MKIII adalah Arca-Swiss Style tripod mounting rail yang terintegrasi di bawah tabung depan dan pegangan depan (fored grip). Adapun kapasitas magasin adalah 10 peluru dan untuk semua kaliber konon tidak membutuhkan magazine adapter.

Sementara, AX 50 ELR adalah senapan antimaterial dengan haevy barrel kaliber 12,7 mm. Senapan ini juga menggunakan sistem multikaliber, sehingga dapat dikonversi ke 408 CheyTac (10,36 × 77 mm).

Senapan AX 50 ELR juga dilengkapi rel dudukan untuk tripod Arca-Swiss Style, pegangan tangan di bagian depan, barricade support, Quickloc barrel system, dan magazin tumpuk ganda dengan kapasitas 10 butir peluru.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya