Logo DW

Selain Buat Pangkalan di Bulan, Air Kencing Dipakai Menambang Fosfor

Ilustrasi urine.
Ilustrasi urine.
Sumber :
  • Pixabay/ frolicsomepl

Air kencing atau urine tidak hanya dipakai sebagai salah satu bahan untuk membangun pangkalan di Bulan oleh Badan Penerbangan dan Antariksa (NASA) bersama Badan Luar Angkasa Eropa (ESA). Namun, air kencing juga akan dimanfaatkan untuk menambang fosfor.

Semua organisme perlu fosfor untuk tetap hidup. Manusia perlu 700 miligram mineral ini per hari. Sebagai bagian unsur Adenosin Tri Phospat-ATP, fosfor memasok energi, jadi bagian penting dinding sel DNA, protein dan enzim.

Fosfor yang masuk tubuh lewat makanan, juga menjamin agar gigi dan tulang tidak rapuh. Tanaman memperoleh unsur fosfor dari pupuk.

Unsur ini biasanya diperoleh dengan cara ditambang dari batuan. Penambangannya di Maroko, Sahara Barat, China, Yordania, dan Afrika Selatan merusak lingkungan karena dilakukan secara besar-besaran.

Selain itu, unsur fosfor biasanya terkandung dalam batuan bersama unsur lain yang membahayakan kesehatan, seperti logam berat kadmiun atau unsur radioaktif uranium.

Penambangan besar-besaran, juga memicu makin menipisnya cadangan mineral, dan dalam dekade mendatang dikawatirkan akan habis.

Proyek daur ulang air kencing