Logo DW

Napi Pembunuh Sadis Berhasil Pecahkan Matematika Rumit dan Kuno

Ilustrasi matematika.
Ilustrasi matematika.
Sumber :
  • http://blogs.babble.com

Kisahnya mirip film Hollywood. Christopher Havens (40) sudah meringkuk selama 9 tahun di balik terali besi sebuah penjara dekat Seattle, AS. Havens putus sekolah, hidupnya berantakan sebagai seorang pengangguran dan pecandu narkoba. Dia divonis hukuman bui 25 tahun dalam sebuah kasus pembunuhan. Jadi masih ada sisa 16 tahun penjara yang harus dijalani.

Hidup Havens berubah di dalam penjara, ketika ia menemukan minat untuk belajar matematika. Secara otodidak ia belajar basis matematika tinggi. Sebuah hal yang awalnya tidak mudah, karena sipir menyita buku-buku matematika yang dia pesan secara online. Havens kemudian diizinkan punya buku pelajaran matematika, setelah setuju mengajari narapidana lainnya.

Setelah belajar beberapa waktu, dasar matematika tinggi dirasa tidak lagi cukup baginya. Havens lantas mengirim surat yang ditulis tangan ke sebuah penerbit, meminta beberapa edisi Annals of Mathematics, sebuah jurnal bergengsi di bidang matematika.

Matematika jadi misi

Dalam suratnya, Havens menulis bahwa angka-angka telah menjadi misinya, dan memutuskan untuk meningkatkan kualitas diri selama berada di dalam penjara. Dia juga mengeluhkan, tidak ada orang yang bisa diajak berdiskusi topik matematika yang kompleks.

Seorang editor di Mathematica Science Publisher mengirimkan surat itu kepada partnernya, Marta Cerruti, seorang associate professor untuk bidang rekayasa materials di McGill University Montreal, Kanada yang kemudian meneruskannya kepada ayahnya, pakar matematika dari Turin, Profesor Umberto Cerruti.

Mula-mula pakar matematika kenamaan ini skeptis. Tapi untuk tidak mengecewakan anaknya, Prof. Cerruti menjawab surat Havens, sekaligus mengirimkan sebuah soal matematika rumit ke penjara di Seattle, untuk menguji kemampuannya.