Lima Gadget yang Wajib Kamu Miliki Supaya Terlindung dari COVID-19

Petugas Kantor Kesehatan Pelabuhan Bandara melakukan pemantauan suhu tubuh penumpang pesawat menggunakan thermo infrared di Bandara Adisucipto, DI Yogyakarta, Selasa (2/9/2016)
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Andreas Fitri Atmoko

VIVA – Virus Corona COVID-19 sangat menular. Oleh karena itu menjaga jarak saja tidak cukup untuk meminimalisir terpapar virus ini. Selain mempraktikkan social dan physical distancing, serta rajin mencuci tangan.

Keuskupan Agung Jakarta Sebut Paus Fransiskus Akan Kunjungi Indonesia September 2024

Namun, menggunakan beberapa gadget juga penting untuk perlindungan diri. Setidaknya ada lima gadget yang harus kamu investasikan selama masa pandemi ini agar tetap aman dari COVID-19. Berikut daftarnya, seperti dikutip dari situs Times of India, Selasa 11 Agustus 2020:

Thermo gun

Menkes: Implementasi Nyamuk Ber-Wolbachia untuk Tanggulangi Dengue Mulai Bergulir

Untuk memastikan orang-orang yang masuk ke dalam rumah tidak bersuhu tinggi, kamu bisa membeli thermo gun. Dengan cara ini, setidaknya kamu dapat menghindari kontak dengan pembawa gejala COVID-19.

Oksimeter

Jangan Sampai Terlewat Ramadan Sale di Blibli, Promo Spesial Smartphone iPhone, Samsung dan Oppo

Perangkat kecil ini dapat dijepitkan ke jari tangan, kaki atau telinga seseorang dan dapat dengan cepat (tanpa rasa sakit) mengetahui saturasi oksigen orang tersebut. Perlu dicatat bahwa silent hypoxia (kadar oksigen yang sangat rendah dalam darah, tanpa ada gangguan yang jelas) adalah salah satu gejala peringatan dari Virus Corona.

Untuk mengatasi masalah ini lebih awal, disarankan untuk memiliki oksimeter denyut untuk memantau saturasi oksigen secara teratur, terutama jika keluar rumah dan kamu termasuk dalam kategori berisiko tinggi. Ingat, jangan bergerak, digoyangkan, menggunakan henna atau cat kuku, saat menggunakan perangkat ini.

Semprotan hand sanitizer otomatis

Hand sanitizer tanpa sentuhan ini akan meminimalkan kamu memegang permukaan benda yang sering disentuh bersama. Selain itu, dengan memasangnya di rumah, akan memastikan bahwa orang-orang telah membersihkan tangan mereka sebelum masuk ke dalam.

Disinfektan sayur dan buah

Hal ini tidak berlebihan. Karena di masa pandemi sangat penting menjaga kebersihan diri, terlebih makanan yang akan kita konsumsi. Perangkat satu ini bisa memastikan pembasmian kuman, bakteri dan virus secara menyeluruh. 

Gadget ini menggunakan teknologi ozon bebas bahan kimia. Kamu hanya perlu mengisi wadah dengan air, lalu masukkan buah dan sayur ke dalamnya. Terakhir, rendam pipa mesin disinfektan ke dalam wadah untuk melakukan tugasnya.

Kotak sanitasi sinar UV

Kotak ini menggunakan sinar UV-C untuk membunuh kuman dan patogen. Kamu hanya perlu menempatkan gadget di dalam kotak tersebut, lalu biarkan bola lampu khusus memancarkan sinar UV-C untuk melakukan tugasnya. Cobalah sedikit menyeka permukaan yang akan kamu bersihkan, karena perangkat ini akan bekerja dengan baik pada permukaan yang halus.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya