Siswa Bikin Guntal, Gunting Kuku 'Ajaib' Antiterpental

Siswa menunjukkan karya kreatif, Guntal
Sumber :
  • VIVA.co.id/Mitra Angelia

VIVA.co.id – Ide sederhana bisa berubah menjadi melahirkan karya kreatif. Siapa sangka ide sederhana itu lahir dari pikiran dua orang pelajar dari Sekolah Menengah Atas (SMA) Katolik Ricci II, Jakarta, yaitu Daniel Prathio dan Mikha Christevan. Keduanya membuat alat dinamakan 'Guntal' alias gunting kuku anti pental. 

Pendiri Android Pamer Ponsel Baru, Jangan Kaget Antimainstream Banget

"Ya. (ide) dari pengalaman pribadi ya. Kok gunting kuku biasa itu jorok, kuku berserakan di mana-mana," kata Daniel kepada VIVA.co.id saat ditemui di Gedung Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Jakarta, Senin 26 September 2016.

Daniel menuturkan, dari pemikiran itu, dia bersama rekannya, Mikha membuat sebuah alat sederhana dari bola pimpong bekas dan gunting kuku. 

Hilang 22 Tahun Lalu, Jenazah Pria Ditemukan Google Maps

Guntal adalah gunting kuku yang 'dibungkus’ dalam bola pimpong. Tapi ada celah untuk memasukkan kuku,  dan bagian depan belakang bola dilubangi, dan ditutupi mika tipis bening. 

Dengan demikian, saat menggunting kuku, pengguna bisa melihat kukunya, dan tanpa khawatir kuku terpental. Setelah menggunakannya, sisa kuku bisa langsung di buang di tempat sampah. 

Wow, Siswa SMA Sulawesi Selatan Ini Suaranya Mirip Google Assistant

Karya Guntal dari Mikha dan Daniel masuk dalam salah satu dari karya National Young Inventor Awards (NYIA) yang hari ini dikompetisikan untuk mencari pemenang. Untuk NYIA, 29  invensi atau temuan terpilih dari 868 karya usulan.

Kompetisi Lomba Karya Ilmiah Remaja (LKIR) dan NYIA ini merupakan kerja sama LIPI dengan British Council melalui program Newton Fund, dengan dukungan Intel Indonesia dan PT. Aneka Fermentasi Industri (AFI).

Kalkulator menjalankan sistem operasi Windows 10 IoT

Kalkulator Ini Dipaksa Pakai Windows 10, Begini Jadinya

Dilakukan oleh pengembang independen.

img_title
VIVA.co.id
12 November 2019