Mengenal 'Kota' di AS Tanpa WiFi, Ponsel dan Microwave

National Radio Quiet Zone area kota tanpa WiFi
Sumber :
  • www.bbc.co.uk

VIVA.co.id – Pada era digital saat ini, akses WiFi sudah kian meluas dan menjadi hal yang umum. Sebuah kota misalnya, setidaknya terdapat akses WiFi dan sinyal telepon seluler. 

Kalkulator Ini Dipaksa Pakai Windows 10, Begini Jadinya

Namun apa jadinya jika sebuah area kota di Amerika Serikat tak memiliki WiFi an akses ke televisi. Kenyataan itu benar terjadi di area West Virginia, Amerika Serikat. 

Dikutip dari Bgr, Selasa 4 Oktober 2016, di area kota ini terdapat wilayah yang sepi dan bersih dari akses WIFi, sinyal ponsel serta televisi. Area yang dimaksud yaitu US National Radio Quiet Zone. 

Pendiri Android Pamer Ponsel Baru, Jangan Kaget Antimainstream Banget

Sesuai namanya, pada area seluas 13 ribu mil persegi itu, memang sangat membatasi emisi radio. Sebagian besar wilayah ini tak ada sinyal ponsel dan televisi. Area tersebut dijaga betul agar memang sepi untuk menjamin berjalannya misi pengamatan di langit.

Area US National Radio Quiet Zone memang dirancang untuk sepi dari gangguan akses internet sampai sinyal telepon. Sebab, di dalam area itu terdapat fasilitas penelitian, misalnya ada Green Bank Radio Telescope yang terletak di sebuah situs di Pegunungan Allegheny, West Virginia. 

Hilang 22 Tahun Lalu, Jenazah Pria Ditemukan Google Maps

Warga yang tinggal dalam radius 10 mil dari teleskop tersebut tidak akan mendapatkan akses sebagaimana kota lainnya. Dalam radius tersebut tidak ada akses WiFi, tidak ada microwave dan tak ada sinyal telepon seluler. 

Guna memastikan lokasi sekitar teleskop itu bersih dari aktivitas tersebut, tim ilmuwan sampai harus rutin berpatroli dengan menggunakan banyak peralatan, untuk memastikan tak ada warga di sekitar fasilitas itu yang mengakses WiFi, menggunakan telepon seluler dan lainnya. 

Warga yang hidup di sekitar teleskop itu, sebagian besar tidak punya ponsel. Tak hanya warga sekitar, peneliti yang bekerja pada fasilitas tersebut juga “puasa” mengakses ponsel mereka. 

Tim ilmuwan berpatroli di sekitar radius itu untuk mengawasi dan memastikan tidak ada sumber emisi. Kendaraan bertenaga bensin pun sampai dilarang dalam radius 10 mil dari teleskop. Larangan dan pembatasan akses itu dilakukan, sebab suara kecil busi dalam mesin saja bisa menyebabkan gangguan aktivitas teleskop. Bisa dibayangkan bagaimana tingkat kesunyian area tersebut.

Selain keberadaan teleskop, pada area US National Radio Quiet Zone juga terdapat sebuah tempat yang sunyi dari akses publik. Tempat yang dimaksud yakni Sugar Grove Naval Radio Station, yang juga terdapat fasilitas teleskop.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya