12-5-1041: Lahirnya Komputer Pertama yang Bisa Diprogram

Mesin replika komputer Z3
Sumber :
  • common.wikimedia

VIVA.co.id – 76 tahun yang lalu, komputer pertama yang didapat program berfungsi penuh. Komputer tersebut dinamakan Z3, hasil dari kreasi perintis komputer asal Jerman, Konrad Zuse. 

Ilmuwan Ini Berhasil Ciptakan Koper Bertenaga Al, Permudah Tunanetra Navigasi Lingkungan

Komputer Z3 merupakan komputer pertama yang menggunakan sistem biner bukan sistem desimal yang pada saat itu banyak dipakai mesin komputer saat itu. Kabarnya, ukuran komputer Z3 saat itu sebesar garasi mobil dan bobotnya satu ton.

Dikutip dari Wired, Jumat, 12 Mei 2017, komputer Z3 merupakan komputer digital elektromekanik yang dikembangkan dengan 2.400 pemancar. 

Begini Cara Realme Sukses Lawan Samsung, Apple dan Xiaomi

Untuk memprogram komputer ini, melibatkan gulungan dari film. Z3 dipakai oleh industri pesawat terbang Jerman untuk memecahkan sistem persamaan simultan dan aspek matematis dari vibrasi badan pesawat di bawah tekanan. Fiturnya tersebut dianggap luar biasa pada saat itu.

Zuse mengembangkan komputer itu di bawah pemerintahan NAZI Jerman. Komputer itu lahir di masa perang dunia kedua. Uniknya, meski bekerja untuk NAZI, dalam mengembangkan komputer itu, Z3 minim dukungan dari rezim NAZI. 

Lima Trik Bikin Wi-Fi di Rumah Makin Ngebut

Alasannya, komputer ciptaan Z3 dinilai NAZI sedikit fungsinya untuk kepentingan militer. Dana yang diberikan NAZI kepada Zuse terbilang sangat sedikit. Hal itu kontras dengan beberapa pionir komputer di negara-negara Sekutu, yang mendapat sokongan dari pemerintahan mereka masing-masing.

Menurut anaknya, Zuse mengerjakan komputernya itu secara luar biasa. Sebab dia bekerja secara independen, bahkan dalam keadaan isolasi. 

Prestasi Zuse yang membuat komputer yang bisa diprogram sepenuhnya itu tak luas terpublikasi. Prestasinya tak sampai terdengar di luar Jerman, sampai runtuhnya rezim tersebut. 

Sementara Z3 tak terpublikasi luas, tim mekanik dari Amerika Serikat melahirkan komputer yang bisa diprogram berfungsi penuh pada 1944. Nah, AS mengklaim karya mereka adalah komputer pertama diprogram berfungsi penuh pertama di dunia, padahal Z3 sudah lahir tiga tahun sebelumnya. 

Mengingat saat itu masih dalam perang dunia kedua, AS dengan Sekutu berusaha menghancurkan karya komputer Jerman tersebut. 

Sebuah serangan udara Sekutu dalam pengeboman Berlin menghancurkan komputer Z3. Foto dan dokumentasi yang menunjukkan jejak lahirnya komputer diprogram pertama dunia itu hancur bersamaan dengan serangan itu. 

Zuse kemudian mengembangkan kembali Z3 15 tahun usai perang dunia kedua berakhir. Upaya ini untuk menunjukkan klaim, Jerman adalah pertama yang melahirkan komputer yang diprogram berfungsi penuh pertama di dunia, sekaligus untuk memperjuangkan paten tersebut. Saat ini mesin replika komputer Z3 ditaruh di Museum Jerman. (ase)
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya