Deretan Konten Internet Favorit Elite Korea Utara

Warga AS dilarang berkunjung ke Korea Utara.
Sumber :
  • REUTERS/Denis Balibouse

VIVA.co.id – Korea Utara dikenal sebagai negara terisolasi di dunia. Kehidupan di negeri pimpinan Kim Jong Un ini tak sebebas negara pada umumnya. Keterbatasan akses internet juga berlaku di Korea Utara, yang mana hanya tersedia 28 situs dengan nama domain .kp. 

Korea Utara Rajin Jiplak Teknologi Apple, Kenapa?

Saat warganya punya akses terbatas dengan internet, elite Korea Utara malah sebaliknya. Petinggi dan orang kelas atas Korea Utara malah bebas mengakses internet tanpa filter konten. Fakta itu ditemukan dari laporan baru firma spesialis ancaman intelijen Recorded Future dan Team Cymru. 

Dikutip dari Alphr, Rabu 26 Juli 2017, tercatat hanya 0,1 persen dari pengguna internet Korea Utara, yang mengakses internet normal seperti warganet dunia. Laporan itu menunjukkan, segelintir pengguna internet Korea Utara itu mengecek media sosial, akses Amazon, memainkan streaming video dan memainkan game daring. Laporan itu mengungkapkan, memang Facebook diblokir di Korea Utara, tapi elite di Pyongyang malah lebih suka mengakses situs media sosial besutan Mark Zuckerberg itu. 

Begini Cara Unit 180 Korea Utara Rekrut Hacker

Dalam pemantauan trafik, game dan konten streaming merupakan 65 persen aktivitas internet non filter yang muncul selama lebih dari tiga bulan belakangan. Recorded Future dan Team Cymru menyebutkan Youku, iTunes dan BitTorrent merupakan layanan paling populer untuk akses video dan musik. Untuk game, MMO World of Tanks adalah game favorit elite Korea Utara. 

Bebasnya elite Korea Utara mengakses konten internet dianggap menggambarkan beberapa penanda. Fenomena elite Korea Utara itu menunjukkan sanksi dan tekanan internasional telah gagal mengisolasi elite Korea Utara untuk terhubung dan mengikuti perkembangan dari luar negeri mereka. Bahkan laporan itu menunjukkan, elite Korea Utara yang mengakses internet merupakan partisipan aktif dan terlibat ada forum ekonomi dan masyarakat internet. (mus)

Bukti Teknis Serangan WannaCry Mengarah ke Korea Utara
Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un dan Presiden Korea Selatan Moon Jae In

4 Beda Teknologi Korut dan Korsel, Nomor Buncit Tak Terduga

Korea Utara kalah dalam soal akses teknologi.

img_title
VIVA.co.id
28 April 2018