11-11-1771: Lahirnya Dokter Pencetus Operasi Perut

Ilustrasi Ruang Operasi.
Sumber :
  • Pixabay/ Sasint

VIVA – Melahirkan anak tidak bisa dengan proses normal atau terdapat tumor di rahim, langkah yang diambil pasti dengan operasi untuk mengeluarkan anak atau mengangkat tumor tersebut.

Raja Charles dan Kate Middleton Pulang Setelah Dirawat di RS

Nah, operasi perut ini ternyata ada yang mencetuskan. Awalnya, seorang dokter dari Amerika Serikat, Ephraim McDowell, mendiagnosa seorang pasien memiliki tumor ovarium pada tanggal 13 Desember 1809.

Sebelumnya, dia mengira kalau si pasien tengah mengandung anak kembar, karena perutnya yang besar. Untuk mengangkat tumor ganas itu, jalan satu-satunya adalah dengan melakukan operasi pengangkatan.

Kate Middleton Operasi Perut, Dokter: Pemulihannya Lama Sekali

Operasi belah perut dirasa belum bisa dilakukan ketika itu, sebab belum adanya anastesi atau obat bius. Akan tetapi, jika dibiarkan tumor akan terus menggerogoti tubuh si pasien.

Akhirnya, McDowell melakukan operasi perut tanpa anastesi. Dilansir Today In Science, McDowell berhasil dengan operasinya dan berhasil mengeluarkan tumor seberat 22 pon.

Ilmuwan Ini Berhasil Ciptakan Koper Bertenaga Al, Permudah Tunanetra Navigasi Lingkungan

"Pasien tersebut sembuh dan hidup sampai usia 78 tahun," tulis Today In Science. McDowell lahir 11 November 1771 dan meninggal dunia di usia yang ke-58 tahun, atau tepatnya, pada 25 Juni 1830. (ase)

Kate Middleton Muncul Kembali di Depan Publik Pasca Operasi Perut

Kate Middleton Muncul Kembali di Depan Publik Pasca Operasi Perut

Kate Middleton akhirnya terlihat pada hari Senin 4 Maret 2024 untuk pertama kalinya didepan publik sejak Desember lalu dia beristirahat pasca operasi perut awal tahun ini

img_title
VIVA.co.id
5 Maret 2024