Rafflesia arnoldii, Si Bunga Langka Muncul di Google

Google doodle bunga Rafflesia arnoldii
Sumber :
  • Google

VIVA – Google doodle hari ini merayakan 25 tahun penetapan bunga Rafflesia arnoldii atau dikenal juga dengan bunga bangkai, sebagai bunga langka nasional. Jika Anda menekan tombol 'play' di laman utama penelusuran mesin pencarian Google pada hari ini, maka akan muncul bunga bangkai dengan kembang kuncup. 

Ilmuwan Ini Berhasil Ciptakan Koper Bertenaga Al, Permudah Tunanetra Navigasi Lingkungan

Dilansir dari Google, Selasa 9 Januari 2018, Google merayakan bunga bangkai karena bunga ini salah satu bunga langka yang ada di Indonesia. Bentuknya unik, ketika bunga mekar, diameter bunga bisa mencapai 1 meter. 

Rafflesia arnoldii mengeluarkan aroma daging busuk, yang memberi umpan pada bangkai lalat yang menyerbukinya.

Begini Cara Realme Sukses Lawan Samsung, Apple dan Xiaomi

Bunga ini dinobatkan sebagai bunga nasional dalam Keputusan Presiden No. 4 tahun 1993 pada 9 Januari 1993. Spesies yang menakjubkan ini juga terwakili dalam pola batik tradisional, terutama di provinsi Bengkulu di Sumatera, yang mana spesies langka tersebut sering ditemukan. 

Keputusan Presiden 1993 itu menyebutkan, ada dua bunga lainnya dikategorikan bunga Nasional yaitu Melati dan Anggrek bulan.

Lima Trik Bikin Wi-Fi di Rumah Makin Ngebut

"Hari ini, kami merayakan tempat istimewa Rafflesia arnoldii dalam sejarah Indonesia!," tulis Google Doodle.

Rafflesia arnoldii pertama kali ditemukan pada 1818 di hutan tropis Bengkulu, di dekat Sungai Manna, Lubuk Tapi, Kabupaten Bengkulu Selatan.

Penemunya bernama Joseph Arnold, kala itu dia mengikuti ekspedisi yang dipimpin oleh Thomas Stamford Raffles.

Penamaan bunga Rafflesia arnoldii diambil dari gabungan nama Thomas Stamford Raffles sebagai pimpinan ekspedisi dan Joseph Arnold yang menemukan bunga.

Doodle bunga bangkai ini muncul di Indonesia dan negeri Eropa yaitu Yunani dan Bulgaria.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya