Mana Asisten Virtual Terbaik, Milik Amazon atau Google?

Amazon.
Sumber :
  • REUTERS/Mike Segar

VIVA – Saat ini teknologi berkembang sangat pesat. Mulai dari televisi supertipis, ponsel pintar atau smartphone dengan beragam fitur hingga asisten virtual, yang tugasnya membantu mengawasi seluruh perangkat di rumah.

Syarat dan Ketentuan Dapat Uang dari YouTube Shorts, Enggak Gampang

Dua perusahaan teknologi besar, Amazon dan Google, kini mulai bersaing lewat asisten virtual mereka, Alexa dan Google Assistant.

Mengutip situs BBC, Rabu, 10 Januari 2018, persaingan tersebut mulai terendus publik ketika Google memblokir Amazon Echo Show di situs video miliknya, YouTube.

TikTok Laporkan Sudah Take Down 10,8 Juta Hoaks terkait Pemilu 2024, Menurut Menkominfo

Namun, hal itu bukan menjadi masalah bagi Amazon, karena perusahaan tersebut mulai bekerja sama dengan pihak lain untuk mengukuhkan posisi Alexa.

Ilustrasi Google

Ada Android 15 bikin Fitur Ini bisa Digunakan untuk Melacak HP Mati

Amazon akan menghadirkan Alexa di shower digital Moen dan kulkas LG. Sementara itu, Google Assistant sudah hadir lebih dahulu pada speaker Altec Lansing, JBL, dan LG.

Menanggapi persaingan ini, analis teknologi Adam Wright sepakat bila saat ini persaingan asisten virtual berada di tangan Alexa dan Google Assistant.

Ia juga mengatakan kalau kedua perusahaan ini berhasil mengembangkan sistem baru dalam membuat fitur yang semakin memudahkan konsumen memakai produk buatan mereka.

"Andaikata ada konsumen yang belum bisa menerima teknologi baru, namun Amazon dan Google, tak kenal lelah mengedukasi agar konsumen menjadi terbiasa dengan kehadiran asisten virtual," ungkap Adam. (art)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya