Laba-laba Ini Dinamai Game of Thrones dan Lord of The Rings

Karakter Aragog dalam film Harry Potter and the Chamber of Secrets.
Sumber :
  • www.cnet.com/Warner Bros

VIVA – Tim peneliti Institute Butantan Sao Paulo, Brasil menemukan banyak spesies baru laba-laba di gua di daerah Para, Brasil. Ada yang ditemukan di dalam gua dan sekitar luar gua.

Begini Penampakan Beruang Hasil Perkawinan Silang Antarspesies

Menariknya, tim peneliti memutuskan menamai spesies baru itu dengan sejumlah nama yang diambil dari serial drama fiksi terkenal Game of Thrones, film Lord of the Rings dan lainnya.

Meski hidup di dalam gua, spesies laba-laba yang ditermukan itu tak kehilangan pigmen. Ketujuh laba-laba itu dimasukkan dalam genus Ochyrocera.  

Geger Penemuan Ular Spesies Baru, Kelaminnya Dua dan Nonjol Keluar

Berikut nama ketujuh spesies laba-laba tersebut dikutip dari laman Mashable, Jumat 12 Januari 2018: 

1. Ochyrocera varys 

Geger Penemuan Tengkorak Kuno Jenis Spesies Manusia Baru

Spesies laba-laba ini diambil dari salah karakter serial terkenal ini, Varys atau yang sering dijuluki The Spider. Spesies ini berwarna kuning cerah. 

2. Ochyrocera ungoliant

Nama spesies lama-laba ini diambil dari salah satu karakter dalam novel yang ditulis J.R.R Tolkien, The Silmarillion. Tolkien merupakan penulis dengan karya terkenalnya, The Hobbit dan The Lord of the Rings. 

Dalam The Silmarillion, ada karakter bernama Shelob. Sedangkan laba-laba lain dalam The Silmarillion yaitu Ungoliant. Tolkien menggambarkannya sebagai laba-laba jahat. Ungoliant diceritakan sebagai induk dari Shelob. 

3. Ochyrocera laracna

Nama ini diambil dari nama karakter Shelob dalam Lord of The Rings. Shelob dalam bahasa Portugal artinya Laracna. Dalam Lord of The Rings, Laracna diceritakan sebagai laba-laba yang sangat besar dan tua. Shelob dalam novel tersebut berusaha memakan Sam dan Frodo.

4. Ochyrocera aragogue 

Masih ingat laba-laba yang dihadapi Harry Potter dan Ron Weasley? Ia adalah Aragog yang bisa berkomunikasi dengan manusia. Laba-laba ini dijadikan nama untuk spesies baru tersebut. 

5. Ochyrocera misspider 

Karakter utama dari buku cerita anak-anak karangan penulis David Kirk ini bernama miss spider. Spesies miss spider adalah spesies terkecil dari Floresta Nacional de Carajas. 

6. Ochyrocera charlotte
 
Film keluarga Charlotte Web memiliki karakter Charlotte. Teman dari si Wildur the Pig ini dijadikan juga salah satu nama spesies laba-laba. Panjang spesies laba-laba ini sekitar 2-2,3 mm.

7. Ochyrocera atlachnacha

H.P Lovecraft menciptakan karakter Atlach-Nachna dalam novelnya. Karakter ini diceritakan sebagai laba-laba besar wajahnya mirip manusia dan tinggal di gua gunung.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya