Logo ABC

Masih Abaikan Masalah Mental, Indonesia Bakal Rugi

mental
mental
Sumber :
  • abc

Keluarga dari orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) telah memilih beralih ke pengobatan alternatif, akibat mahalnya biaya perawatan di Indonesia. Satu kali suntikan obat untuk penderita skizofrenia, misalnya bisa menelan biaya hingga jutaan rupiah.

Padahal dibutuhkan suntikan lebih dari sekali untuk menstabilkan kondisi jiwa mereka, belum lagi obat-obatan lain yang perlu dikonsumsi.

Seperti yang dialami Bagus Utomo, ketua Komunitas Peduli Skizofrenia Indonesia (KPSI), yang sudah belasan tahun merawat kakaknya yang menderita skizofrenia.

"Waktu kakak saya sakit tahun 1995, obat suntik baru ada Risperdal Consta, kurang lebih 1,8 juta sekali suntik," ujar Bagus, seorang pustakawan kepada ABC Indonesia.

Bagus, yang tinggal di Jakarta, mengakui harga obat-obatan untuk gangguan mental memang berangsur turun, tapi biaya keseluruhan yang ditanggung pasien masih memberatkannya.

Ia mencontohkan obat-obatan seperti Abilify, Seroquel, dengan harga Rp 75 ribu sebutir. Jika butuh dikonsumsi dua kali, maka sehari mencapai Rp 150 ribu.

"Bisa Rp 3 juta per bulan yang dikeluarkan untuk pengobatan."