Tips Aman Traveling di Masa New Normal

Ilustrasi Traveling
Sumber :
  • Freepik

VIVA – Memasuki masa new normal, destinasi-destinasi wisata dan beberapa rute penerbangan juga sudah mulai dibuka. Tentu ini menjadi kabar baik bagi para traveler. Tapi, meski traveling sudah mungkin dilakukan lagi, tetap jaga jarak dan kesehatan demi meminimalisir penyebaran COVID-19 ya.

Kapten Vincent Kena Flu Singapura Sampai Bernanah: Lebih Sengsara dari COVID!

Bagi kamu yang sedang merencanakan traveling, simak yuk tips aman bepergian saat new normal dari Besthostels.co.id.

Siapkan dokumen

KPK Cecar Fadel Muhammad soal Dugaan Kasus Korupsi APD di Kemenkes RI

Sebelum memesan tiket atau melakukan booking di hostel pilihan kamu, cari informasi resmi dan siapkan dokumen sesuai aturan pemerintah. Selain itu, cari pula informasi terkait syarat dan ketentuan yang harus kamu siapkan jika ke daerah yang kamu tuju.

Cari tahu protokol berwisata

Cerita Anne Avantie Bangkrut, Temukan Kebahagiaan di Tempat Tak Terduga

Dengan adanya new normal, maka akan banyak peraturan dan protokol dalam berwisata. Pastikan kamu sudah mencari tahu infonya. Peraturan ini bisa terkait pembatasan jumlah tamu, penggunaan masker, pembelian tiket, dan lain sebagainya.

Pilih solo traveling atau staycation

Dengan situasi pandemi ini traveling sendiri adalah pilihan yang pas. Hal ini juga membuat petualangan kamu lebih seru. Atau, kamu dapat memilih staycation di mana kamu bisa memesan tempat menginap dengan fasilitas yang cocok untuk kamu bersantai dan menikmati pemandangan tanpa harus keluar ke tempat wisata.

Untuk memudahkan mencari tempat staycation yang pas, kamu bisa menggunakan layanan online travel agent (OTA) khusus hostel BestHostels.co.id

“Besthostels sedikit berbeda dari OTA lainnya, kami fokus untuk memasarkan Hostel Hostel terbaik di seluruh indonesia, di mulai dari Bali, Yogayakarta dan Jakarta, di tambah juga kami memberikan penginapan murah juga berkualitas yang tidak kalah bagusnya dengan hotel hotel bintang 3 sampai bintang 4,' ujar Founder & CEO dari Best Hostels Indonesia, Rahmadi Aditya Putra.

Gunakan kendaraan pribadi

Liburan tidak harus ke tempat jauh atau ke luar kota yang mengharuskan kamu naik tranpostasi umum. Jelajahlah kota tempatmu tinggal dan cari tempat-tempat unik yang belum pernah kamu kunjungi. Gunakan kendaraan pribadi agar terhindar dari kerumunan.

Hand sanitizer

Untuk menjaga agar tetap higienis, hand sanitizer adalah barang yang wajib kamu bawa, selain itu siapkan juga tisu basah, tisu kering, sabun cair, dan disinfektan. Siapkan juga obat-obatan pribadi serta rutin konsumsi vitamin.

Bawa peralatan pribadi

Perlalatan pribadi yang wajib kamu bawa adalah tempat dan alat makan, botol minum, sandal, serta handuk. Walaupun banyak peralatan tersebut tersedia dan terlihat bersih di tempat wisata, menggunakan peralatan sendiri lebih baik.

Gunakan masker

Ke manapun tujuanmu, masker adalah barang yang wajib kamu pakai. Selain mencegah penyebaran COVID-19, menggunakan masker juga membantu kamu agar terhindar dari menghirup debu dan polusi selama perjalanan.

Hindari destinasi ramai

Setelah banyak tempat wisata dibuka, pasti akan ramai. Usahakan untuk tetap jeli memilih tujuan wisata atau datang lebih awal. Jika terlanjur, maka tetap menjaga jarak dan tidak menyentuh wajah.

Transaksi nontunai

Uang adalah salah satu medium penyebaran bakteri dan virus, oleh karena itu minimalisir penggunaan uang tunai dalam bertransaksi. Manfaatkan sarana booking dan bayar online yang kini sudah banyak tersedia dan digunakan oleh tempat wisata.

Istirahat yang cukup

Liburan yang menyenangkan pasti juga dilengkapi dengan perjalanan yang melelahkan. Istirahatkan matamu dari gadget, dan istirahatkan badanmu dengan tidur lebih awal.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya