Jupe Minta Kasus Hukum Zaskia Gotik Dihentikan

Zaskia Gotik bersama Julia Perez dan Ayu Ting Ting
Sumber :
  • Instagram.com/juliaperrezz

VIVA.co.id – Tindakan pendangdut Zaskia Gotik, yang menyebut kemerdekaan Indonesia terjadi pada tanggal 32, dan mengatakan lambang sila kelima dalam Pancasila adalah 'bebek nungging', berubah dari gurauan menjadi laporan polisi.

Vonis Bebas atas Penulis Pancagila di Facebook Disambut Baik

Sebagai sahabatnya, Julia Perez pun ikut angkat bicara. Dia meminta agar masalah ini dihentikan, sehingga Zaskia Gotik tidak perlu menjalani proses hukum di kepolisian.

"Yang terjadi itu lebih pada spontanitas untuk menghibur. Saya berharap bisa dihentikan polemik ini. Masih banyak persoalan bangsa yang menuntut kontribusi positif kita semua," ujar Jupe, sapaan akrab Julia Perez dalam perbincangan via telepon dengan tvOne, Jumat, 18 Maret 2016.
 
Jupe pun langsung meminta maaf atas nama sahabatnya itu. "Sebagai sahabat, Jupe memohon permintaan maaf atas Zaskia. Dia manusia biasa yang tak luput dari kesalahan," ucap Jupe terisak.

Salah Baca Pancasila, Ini Pembelaan Zaskia Gotik

Jupe pun berharap agar masalah proses hukum di Polda Metro Jaya tidak dilanjutkan, karena Zaskia sudah belajar dari kesalahannya ini, dan akan mengevaluasi diri agar tidak kembali melakukan perbuatan serupa. Selain itu, Zaskia pun sudah menerima hukuman dengan mendapatkan berbagai kecaman dari masyarakat.

"Tapi ini sudah menjadi masukan dan evaluasi. Permohonan maaf saya untuk Zaskia, dia khilaf dengan kejadian di media, dan reaksi pemberitaan-pemberitaan di media ini sudah menjadi hukuman sosial bagi Zaskia," ucap Jupe.

Ahmad Dhani Membela Zaskia Gotik

Pada kesempatan ini, anggota DPD RI, Fahira Idris, yang menjadi pelapor kasus ini di Polda Metro Jaya, langsung bereaksi keras. Dia menolak menarik laporannya agar kasus ini bisa berhenti.

"Kita negara hukum, bukan negara permohonan maaf. Orang membunuh lalu meminta maaf, selesai. Orang menghina lambang negara itu jelas," kata Fahira menanggapi Jupe.

Dia pun tidak memedulikan permintaan maaf yang disampaikan Jupe untuk mewakili sahabatnya itu. Fahira menilai, jika masalah seperti ini diselesaikan di luar hukum, tidak akan memberikan efek jera. Selain itu, dia khawatir, tindakan Zaskia sebagai figur publik akan dicontoh orang-orang yang mengaguminya.

"Itu semua saya serahkan pada kepolisian, niat saya agar hal ini tidak terjadi lagi di seluruh Indonesia, agar fans mba Zaskia juga tidak meniru," ujar Fahira.

Fahira juga mengklaim, laporan ini dilakukannya karena sebagai anggota DPD, dia mendapatkan banyak aspirasi masyarakat yang meminta agar masalah ini diselesaikan secara hukum.

Sebelumnya, tindakan Zaskia ini terjadi saat dia menjadi tamu di sebuah acara. Kejadian bermula saat host program itu, Denny Cagur, menanyakan waktu Proklamasi Indonesia dikumandangkan. 

Zaskia menuliskan jawaban 'sesudah adzan subuh'. Pernyataan itu juga dibuat Zaskia dengan menuliskan '32 Agustus' sebagai tanggal Proklamasi. Setelah itu, Zaskia juga menjawab 'bebek nungging' sebagai lambang dari sila kelima Pancasila. Sementara peserta lainnya, Julia Perez dan Ayu Ting Ting menjawab Padi dan Kapas.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya