Popcon Asia 2016 Sukses Gaet 38 Ribu Lebih Pengunjung

Raline Shah (tengah) di acara Popcon Asia
Sumber :
  • Viva.co.id/Rintan Puspitasari

VIVA.co.id – Popcon Asia, atau Popular Culture Convention Asia, merupakan festival terkemuka di Indonesia untuk konten terkait industri kreatif, terutama komik, mainan, film, dan animasi dari kreator lokal dan internasional.

Dongkrak Industri Kreatif, Sandiaga Uno Dorong Sinergi Pemerintah dan Pelaku Usaha

Popcon Asia yang tahun ini, merupakan penyelenggaraan kelima kalinya selesai digelar pada 12 hingga 14 Agustus 2016. Tahun ini, Popcon Asia berhasil menarik lebih dari 38 ribu pengunjung yang memadati 225 booth pegiat kreatif Tanah Air.

Dengan mengusung tema "Pop Revolution", Popcon Asia 2016 berhasil mencatat penjualan dengan nilai lebih dari 27 miliar rupiah, meningkat 2 miliar dari penyelenggaraan di tahun 2015. Popcon tidak hanya menjadi tempat berkumpul seluruh pelaku industri kreatif, tetapi juga wadah yang menumbuhkan dan mendorong lahirnya intellectual property (kekayaan intelektual) lokal yang berkualitas global.

Kemenparekraf Dukung Penuh Karya Anak Bangsa Platform Komik Digital Comicone.id

"Tingginya potensi industri kreatif Indonesia, membuat kita memerlukan suatu wadah untuk berjejaring, berbagi, berkolaborasi, dan meningkatkan kemampuan bagi para kreator. Kami berharap, para content creator bisa kian menyadari hak-hak mereka atas kekayaan intelektual," kata Grace Kusnadi, CEO Revata dan Penggagas Popcon Asia, dalam rilis 16 Agustus 2016.

Berbagai karakter komik lokal seperti Gundala, Volt, Vusya, Macan Putih, Si Juki, Rasha, dan masih banyak lagi menjadi bagian dari Popcon Asia 2016. Kehadiran mereka membawa keyakinan dan semangat baru akan betapa besarnya potensi kekayaan Indonesia di industri kreatif.

Dwidayatour Dukung Gekrafs dengan Fasilitas Perjalanan, Wujudkan Agenda Kreatif

"Popcon Asia ingin menjadi tempat berkumpul para pelaku industri kreatif, lebih dari ini kami mencoba mengubah lanskap industri kreatif Indonesia dengan memberi kesempatan bagi kreator untuk mendapat spotlight,"kata Sunny Gho, CEO Majalah Kosmik dan Co Founder Popcon Asia.

Lebih lanjut, Sunny menambahkan, event seperti ini perlu diadakan karena segenap stakeholder mulai dari pemerintah, kreator, media, investor, hingga pembeli berkumpul di satu tempat yang sama dan bisa terhubung secara langsung.

Beberapa agenda menarik yang diusung selama festival antara lain seperti mendatangkan dua aktor pemeran film Firegate, Reza Rahadian dan Dwi Sasono  untuk menandatangani novel Firegate. Film ini sendiri baru akan tayang tahun 2017. Kemudian, juga peluncuran komik berjudul R dari Kosmik yang mengangkat sosok Raline Shah sebagai karakter utama dari komik. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya