Hindari Polusi, Prisia Nasution Gemar Pergi ke Pedesaan

Prisia Nasution
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Adinda Permatasari

VIVA.co.id – Sebagai aktris yang juga dikenal sebagai aktivis lingkungan hidup, Prisia Nasution merasa udara di kota besar seperti Jakarta sudah semakin tidak bersahabat dan berefek buruk pada kesehatan. Itulah sebabnya ia selalu menyempatkan diri untuk rehat sejenak dari aktivitasnya di Ibu Kota dan pergi ke luar kota untuk menghirup udara segar.

Termasuk Polusi Udara, Ini 10 Penyebab Penyakit Jantung yang Perlu Diketahui

"Makanya setiap akhir pekan atau libur saya pasti keluar dari kota besar untuk mendapatkan udara segar. Jadi, sambil liburan juga, sambil kenalan dengan warga sekitar. Ada pengetahuan baru, jadi semakin banyak yang bisa diambil makanya pilih ke pedesaan," kata Prisia saat ditemui di Grand Indonesia, Jakarta, Kamis, 18 Agustus 2016.

Menurut aktris yang akrab disapa Pia ini, ada perbedaan dari udara di kota besar dengan daerah kecil. Di sana udaranya masih sangat bagus dibandingkan dengan di kota besar. Kondisi lingkungannya tentu saja juga berbeda. Selama ini Prisia memperhatikan bagaimana kondisi udara di kota besar terutama Jakarta sudah semakin tercemar dengan polusi.

Kendaraan Operasional Timnas Indonesia Bakal Full Listrik

"Tadi pagi agak kaget, karena memang biasanya enggak pernah bangun sepagi tadi, sekitar jam enam pagi langitnya gelap banget. Kayak winter di Eropa, banyak kabut. Di daerah Sudirman gedung-gedung enggak keliatan. Saya pikir ini pasti ada yang salah karena ini bukan musim dingin. Dalam hati sempat menyangkal juga kalau ini bukan polusi," ujar Prisia.

Kondisi seperti inilah yang membuat Prisia memilih 'melarikan diri' dari kota dan mencari udara yang lebih bersih di daerah-daerah. Terlebih Prisia juga punya masalah kesehatan dengan THT.

Pemerintah Berencana Naikkan Pajak Kendaraan Bermotor

Lalu, apa daerah yang sering menjadi tujuan ‘pelarian’ Prisia?

"Cari daerah yang paling dekat saja seperti Lido. Ada satu daerah namanya Kampung Ciwalu, daerah hulu Sungai Cisadane, kalau weekend ke sana saja," ujar Prisia.

Tidak hanya masalah udara di luar rumah, udara di dalam rumah juga baru Prisia sadari dapat berpengaruh pada kesehatan.

"Di rumah banyak hewan, ada kucing, anjing, tapi enggak pernah alergi. Tapi terkadang sering merasa hidung gatal, ternyata bukan alergi sama hewan tapi masalah debu yang enggak kelihatan."

(mus) 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya