Livi Zheng ke Madura, Hendak Filmkan Karapan Sapi

Livi Zheng bersama Wagub Jatim Saifullah Yusuf
Sumber :
  • VIVA.co.id/Nur Faishal (Surabaya)

VIVA.co.id – Sutradara muda Hollywood kelahiran Blitar, Jawa Timur, Livi Zheng, berencana membuat film tentang budaya Karapan Sapi di Pulau Madura. Ia mendatangi pulau berjuluk Pulau Garam itu untuk menyusun skenario film yang akan dibuatnya.

Klaim Tembus Hollywood Livi Zheng Akibat Narsistik? Ini Kata Psikolog

"Tadi saya sudah datang ke Sumenep melihat langsung Karapan Sapi di sana. Besok rencananya akan ke Bangkalan," kata Livi kepada wartawan di Gedung Grahadi Surabaya, Jawa Timur, pada Minggu malam, 28 Agustus 2016.

Livi mengatakan, ada kekhasan tersendiri pada kultur Madura dan Karapan Sapi-nya sehingga dia tertarik untuk mengangkatnya ke layar lebar. "Setelah melihat langsung ke Madura, nanti akan saya susun skenarionya dan itu butuh waktu berbulan-bulan. 2018 proses syuting, 2019 bisa diluncurkan," kata wanita muda mahir seni bela diri Wushu itu.

Livi Zheng Kaget Jadi Kontroversi: Kok, Enggak Bahas Karya Saya

Dalam bayangannya, film tersebut nantinya bergenre action. Karena itu, Livi Zheng menggandeng aktor laga Yayan Ruhian sebagai penata laga. "Film ini nantinya digarap co-production bersama teman dari Amerika. Harapannya bisa masuk bioskop Amerika dan itu otomatis akan masuk juga di bioskop Indonesia," katanya.

Livi menjelaskan, film berlatar belakang kultur Madura ini adalah film pertama yang ia garap tentang Indonesia. Itu merupakan cita-citanya sejak awal tertarik di dunia perfilman. "Cuma karena S1 (sarjana Strata 1) saya di Amerika, maka pertama saya bikin film di Amerika," ujarnya.

Joko Anwar Debat Livi Zheng yang Kukuh Filmnya Bersaing sama Avengers

Sementara itu, Wakil Gubernur Jawa Timur, Saifullah Yusuf, mengapresiasi rencana Livi mengangkat budaya Madura, Karapan Sapi, ke layar lebar. "Selama ini dunia hanya tahu Karapan Sapi dari foto-foto saja. Mudah-mudahan Livi bisa menggambarkan kepada dunia budaya Madura seutuhnya," katanya.

Untuk diketahui, Livi Zheng mulai dikenal di pusat perfilman dunia, Hollywood, setelah memproduksi film Brush with Danger pada 2014 lalu. Film tersebut sempat masuk seleksi Oscar. Film terbaru garapannya yang akan tayang pada 2017 berjudul Insight. Film ini dimainkan oleh bintang Hollywood, seperti Tony Todd, John Savage.

Pangdam V/Brawijaya, Mayjen TNI Farid Makruf (tengah).

Pangdam Mayjen Farid: Karapan Sapi akan Terus Bersinar Sebagai Permata dari Madura

Mayjen Farid Makruf mengatakan karapan sapi sebagai petualangan yang menyuguhkan keceriaan. Jenderal asli Madura itu menyebut ada keunikan dari karapan sapi.

img_title
VIVA.co.id
3 September 2023