Begini Cara Maudy Koesnaedi Angkat Budaya Betawi

Maudy Koesnaedi
Sumber :
  • Diza Liane/VIVALIFE

VIVA.co.id – Pentingnya memajukan kembali kebudayaan Indonesia, khususnya Betawi, memang telah lama menjadi impian artis cantik Maudy Koesnaedi. Bersama para mantan finalis yang tergabung dalam Teater Abang None, banyak memproduksi kisah yang mengangkat kebudayaan Betawi meski dengan dana yang terbatas.

Pertunjukan Seni Bertajuk ‘Janji Soekma: Langgam Gambang Kehidupan’ Bakal Digelar Bulan Depan

Untuk itu, wanita berambut panjang tersebut menuturkan telah melakukan banyak hal guna meneruskan produksi teater tersebut. Salah satunya dengan keliling bersama anggotanya untuk mencari dana melalui aktivitas "ngamen".

"Cara tekan biaya produksi salah satunya dengan ngamen. Apa saja dilakukan dengan mengikuti berbagai acara, seperti halal bihalal, jakarta great sale, bahkan premier film. Semua saya terjunkan untuk cari dana," ujar Maudy yang ditemui di Galeri Indonesia Kaya, Jakarta, Selasa 6 September 2016.

Cerita Maudy Koesnaedi Gabung di Emak-emak Basket

Menurutnya, Teater Abang None memang telah memiliki banyak stok tarian tradisional, namun tetap memiliki sentuhan modern yang dapat menarik anak muda saat ini. Apalagi, berbagai tarian tersebut memang sudah seharusnya dilestarikan oleh para anak muda sehingga diberikan sentuhan moderen.

"Ada tarian si doel, keroncong kemayoran dengan ada hip hopmya, flash mob saat premier film 3 dara, menari dan acara apa saja pokoknya. Karena sistemnya juga barter, kita kasih hiburan dengan sentuhan betawi dan kita dapat dana," ujarnya.

Cornelia Agatha Berduka Atas Meninggalnya Koh Ahong 'Si Doel'

Meski demikian, cara lain seperti mencari donatur juga turut dikerjakan wanita yang juga menjadi penggagas ide-ide produksi di Teater Abang None ini. Dengan tujuan yang membuat anak muda kembali mengenal budaya Betawi yang kini dianggap tidak lagi menarik.

"Tujuannya agar anak-anak muda bisa kembali mengenal kebudayaan Betawi, makanya saya tetap mau mencari dana sana sini biar tetap jalan produksinya. Meski bujet terbatas, tapi selama ada niat, pasti ada jalan untuk mencukupi biayanya," jelasnya.

Kunto Aji.

Lagu Selaras-Kunto Aji Jadi Theme Song di Pertunjukan Seni ‘Janji Soekma: Langgam Gambang Kehidupan

Pertunjukan seni bertajuk Janji Soekma: Langgam Gambang Kehidupan, menggunakan lagu tema bertajuk ‘Selaras’ dari Kunto Aji. Ia pun berkenan lagunya dipakai.

img_title
VIVA.co.id
22 September 2023