Iis Dahlia dan Ike Nurjanah Kangen Orisinalitas Musik RI

Iis Dahlia
Sumber :
  • VIVAnews/Gestina Rachmawati

VIVA.co.id – Dua diva dangdut yang kiprah mereka sudah tak diragukan lagi di Indonesia, bahkan kancah internasional, Iis Dahlia dan Ike Nurjanah, mengaku kangen berat dengan musik khas lokal yang orisinil. Apalagi, menurut Ike, saat ini kancah musik Tanah Air tengah digandrungi oleh genre yang lebih modern atau kekinian.

Wulan Yee Bikin Gebrakan di Dunia Musik dengan Dangdut Remix

Padahal, menurutnya, dangdut merupakan kekuatan utama rumpun melayu, khususnya Indonesia. "Kalau melihat tren musik sekarang tuh lebih ke modern, disko, terus world music. Padahal, saya kangen sama orisinalitas musik Indonesia," tutur Ike, di kawasan Senayan, Jakarta Selatan, pada Jumat, 16 Desember 2016.

Hal ini tentu tak lepas dari musik dangdut sendiri, yang mana merupakan genre asli budaya timur khususnya Indonesia. Bahkan menurut Ike, dangdut dari negara rumpun melayu lain juga masih berkiblat ke Indonesia.

Thomas Djorghi Cerita Asal Mula Suka Dangdut, Rhoma Irama: Padahal Tampang Rocker

"Kita beda karena punya ranah eksplorasi musik yang berbeda juga. Mereka (negara lain) tetap berkiblat sama kita," ujar Ike, menambahkan.

Hal tersebut diamini oleh pedangdut lainnya, Iis Dahlia. Saking banyaknya ragam dangdut sendiri, ia bahkan masih ingin beresplorasi banyak. Belakangan ini, Iis ingin menjelajahi ranah dangdut klasik.

Putuskan Tak Nyanyi Dangdut Setelah Berhijab, Cita Citata: Bukan Passion-ku

"Pengen sih ke dangdut klasik, tapi kan sudah agak lama juga itu musiknya. Karena klasik, media promonya juga susah," tutur Iis.

Orientasi musisi yang juga berjualan karya, diakui Iis sebagai faktor mengapa mereka harus mengikuti pasar. Hal tersebut bertujuan agar karya-karyanya tetap laku.

"Konsumen memang kadang tergantung bagaimana produsen. Tapi kita juga kan ngikutin pasar, namanya juga jualan," katanya.

(ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya