Kini Siswa SD Bisa Rasakan Sensasi Dunia Digital

Ilustrasi siswa sekolah.
Sumber :
  • Pixabay/ akshayapatra

VIVA.co.id – Banyak cara dilakukan perusahaan di Tanah Air membagikan ilmu dunia digitalnya kepada anak-anak sekolah dasar (SD). Seperti yang dilakukan karyawan Indosat Ooredoo lewat Program Employee Volunteer yang memperkenalkan teknologi virtual reality (VR) untuk pembelajaran di sekolah serta pemberian bantuan donasi pendidikan.

PPDB di DKI Diharapkan Berjalan Lancar

"Sebagai perusahaan telekomunikasi digital terdepan, menjadi salah satu kewajiban kami untuk membangun pendidikan Indonesia melalui dunia digital agar pendidikan kita semakin baik dan berkualitas,” ujar Deva Rachman, Group Head Corporate Communications Indosat Ooredoo, Kamis 22 Desember 2016.

Dalam kegiatan ini, lanjut Deva, para murid kelas 1 hingga 6 SD bisa melihat dan merasakan sensasi dunia nyata dalam dunia digital. Mereka pun mengerti manfaat dunia digital di jaman serbacanggih saat ini.

Profesor Asal Australia Kepincut Metode Belajar di RI

“Kami berharap era digital dapat memberikan manfaat yang positif bagi dunia pendidikan dan generasi muda Indonesia,” katanya.

Sebelumnya, Program Employee Volunteer juga telah dilaksanakan dengan kegiatan Kelas Inspirasi dan Renovasi Sekolah di beberapa kota secara serentak. Kelas Inspirasi merupakan kelas mengajar yang dilakukan oleh karyawan kepada Siswa SD. Satu kelas diikuti 9-10 karyawan dan fasilitator dari Pos Keadilan Peduli Umat (PKPU).

Berburu Sekolah Terbaik untuk Anak

Selain itu, pada Oktober tahun lalu, Indosat Ooredoo menyelenggarakan Program Homestay Karyawan yaitu program sukarela (voluntary) bagi karyawan untuk terjun langsung menjadi relawan pengajar di berbagai sekolah di daerah terpencil di pelosok Tanah Air.

Program ini dilaksanakan bersama dengan Indonesia Mengajar. Tujuannya adalah untuk meningkatkan kualitas pendidikan di sekolah di daerah terpencil yang pada umumnya masih memiliki kualitas sarana dan kegiatan belajar mengajar yang masih minim. Karyawan menjadi relawan pengajar dan juga berkegiatan bersama masyarakat, baik di tingkat desa maupun kabupaten selama tujuh hari.

Galih Sulistyaningra

Mengintip Profil Galih Sulistyaningra, Guru SD Lulusan University College London

Setahun tamat mengenyam ilmu, Galih pulang ke tanah air hingga kini menjadi guru di SD Petojo Utara, Jakarta Pusat. Bukan tanpa alasan Galih memutuskan kuliah di Inggris.

img_title
VIVA.co.id
28 November 2023