Mencicipi Lezatnya Hidangan Khas Para Pesumo

Hidangan Chanko Nabe
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Zaky Al-Yamani

VIVA.co.id – Jepang dikenal sebagai salah satu negara yang memiliki kekayaan kuliner. Salah satu menu yang patut Anda cicipi saat berwisata ke Jepang adalah Chanko Nabe.

Menikmati Sukiyaki dengan Cita Rasa Autentik Jepang, Unik Pakai Lelehan Permen Kapas

Chanko Nabe merupakan hidangan khas bagi para atlet sumo. Hidangan dengan menggunakan alas makan berupa pot kecil (nabe) ini biasa disajikan kepada para pesumo di sasana mereka.

Bukan tanpa alasan mengapa Chanko Nabe menjadi hidangan para pesumo. Sebab, mereka menganggap kegiatan makan adalah bagian dari pelatih mereka dalam menempa diri.

Lezatnya Beef Bowl, Sajian Resep Spesial Restoran Jepang Yoshinoya Sejak 1899

Chanko Nabe pun menjadi hidangan ideal untuk para persumo karena memiliki gizi seimbang, serta hanya membutuhkan satu panci untuk memasak dalam jumlah besar.

Ada banyak restoran Chanko Nabe di Tokyo. Khususnya di area Ryogoku Kokugikan, dekat Arena Sumo. VIVA.co.id berkesempatan mengunjungi salah satunya, yaitu restoran Ryogoku Edosawa, Rabu 25 Januari 2017.

Cicip Ramen Khas Jepang dengan Kuah Kaldu Kaya Kolagen

Saat masuk ke restoran ini, nuansa Sumo sangat kental terasa. Dinding restoran enam lantai ini dihiasi berbagai gambar dan karikatur atlet sumo. 

Untuk tiba di sini, hanya membutuhkan waktu satu menit berjalan kaki dari pintu keluar timur Ryogoku Station (Sobu Line). Atau tiga menit berjalan kaki dari Ryogoku Station (Tokyo Metro Oedo Line).

Chanko Nabe adalah hidangan berupa sup dengan potongan ikan serta beragam sayuran yang ditempatkan di pot agak besar dan langsung direbus di hadapan para pengunjung. 

Saat dicicipi, kuah Chanko Nabe sangat menyegarkan. Apalagi jika disantap saat masih panas bersama dengan nasi. Ditambah dengan daging ikan yang lembut saat digigit. 

Meskipun Chanko Nabe menjadi makanan sehari-hari para pesumo, namun mereka tidak pernah bosan. Sebab ikan dan sayuran dalam hidangan ini bisa diganti dengan variasi lain. (mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya