Beladiri Tarung Derajat Aman untuk Anak?

Anak-anak berlatih tarung derajat
Sumber :
  • dok.ist

VIVA.co.id – Sebagai orangtua pastinya tak ingin buah hati Anda terluka atau disakiti oleh orang lain. Terlebih saat ini, berita tentang kekerasan kepada anak kerap beredar di media sosial bahkan di pemberitaan.

Mau Belajar Bela Diri Israel, Anya Dwinov Diinterview Dulu

Anda pun sebagai orangtua tak bisa sehari penuh melindungi serta mengawasi buah hati tercinta saat berada di luar rumah. Anda pastinya ingin anak Anda bisa tangguh dan mampu menghadapi beberapa ancaman dari pihak tertentu.

Salah satu pilihan bisa Anda lakukan dengan membekali seni bela diri kepada sang buah hati. Pilihlah beladiri yang aman bagi anak Anda, dan pastinya menyukai gerakannya.

Kejuaraan Dunia Wushu Berakhir, Indonesia Raih 2 Emas

Ketua Umum PAW (pergantian antar waktu) Pengprov Kodrat DKI Jakarta Gindarno Danandono mengatakan, seni beladiri sangat mungkin dibekali bagi anak-anak usia dini. Salah satunya ilmu beladiri tarung derajat yang memberikan keamanan bagi anak-anak yang mempelajarinya.

"Aman bagi anak-anak. Di tarung derajat pengenalan awal, anak-anak diperlihatkan hal yang menarik berupa gerakan-gerakan simpel dan mudah dilakukan," ucap Gindarno, Selasa 31 Januari 2017.

Bocah Isabel Tewas, Ayah Tiri Sebut karena Latihan Bela Diri

Gindarno pun memberikan tips ringan bahwa gerakan-gerakan dalam tarung derajat bagi anak-anak adalah yang mudah diingat oleh mereka.

"Untuk anak disesuaikan dengan tingkat umur, tidak banyak yang mereka ingat-ingat. Bela diri ini dibuat seperti mereka sedang bermain," ucap Gindarno.

Gindarno pun mengatakan bahwa beladiri tarung derajat “AA Boxer” merupakan salah satu cabang olah raga yang patut dibanggakan. Alasannya bela diri tarung derajat telah mampu menjadi peserta Pekan Olahraga Daerah (Porda), Pekan Olahraga Nasional (PON), hingga Asian Games. Setelah melintasi perjalanan waktu yang cukup militan, beladiri asli Indonesia ini sudah banyak dipelajari oleh masyarakat umum hingga personel militer.

"Olahraga beladiri tarung derajat adalah karya anak bangsa. Maka ini harus dilestarikan dan dikembangkan sebagai produk budaya bangsa," ucap Gindarno.

Tarung derajat tengah dipersiapkan guna menyambut PON 2020 yang akan berlangsung di Papua. Tarung derajat optimistis meraih dua medali emas.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya