Tips Memilih Kursi Tamu Material Kayu yang Ramah Lingkungan

www.dekoruma.com
Sumber :

VIVA.co.id – VIVA.co.id – Kursi tamu dari material kayu memberikan sentuhan klasik pada ruang tamu Anda. Tapi, bagi sebagian orang, terutama pemerhati lingkungan, pembelian produk-produk yang terbuat dari kayu dikhawatirkan semakin mendorong penebangan liar. Sebenarnya, tidak masalah ketika Anda membeli kursi tamu, selama Anda memastikan telah memilih produk yang legal atau ramah lingkungan.

Di Hadapan Prabowo, AHY Cerita Demokrat Kehilangan Kursi di DPR Gegara Marak Politik Uang

Lalu, bagaimana caranya memilih kursi tamu berbahan kayu yang sesuai dengan criteria tersebut? Nah, berikut ini dipaparkan 6 tips yang bisa Anda terapkan.

1. Memiliki Sertifikat Legalitas
Menurut Kementerian Kehutanan, kayu disebut legal apabila asal-usulnya, izin penebangannya, sistem dan prosedur penebangan, dokumentasi angkutan, pengolahan, serta perdagangan dapat dibuktikan memenuhi semua persyaratan sesuai dengan peraturan perundangan yang berlaku.
 
Sejak tahun 2009 lalu, pemilik usaha industri kayu diharuskan memiliki sertifikat legalitas yang diterbitkan oleh Sistem Verifikasi dan Legalitas Kayu (SVLK), dengan catatan kayu mereka dinilai memenuhi standar lingkungan. Produk mereka dibubuhkan tanda V-Legal sebagai bukti keabsahannya. Sementara itu, industri kayu legal dari luar negeri mendapatkan sertifikat yang diterbitkan oleh Forest Stewardship Council (FSC).

MK Siapkan Kursi untuk Anies, Prabowo dan Ganjar di Sidang Sengketa Pilpres

Nah, jangan ragu menanyakan pada pihak penjual, apakah furnitur kayu sudah dilengkapi sertifikat legalitas. Jika sudah, berarti produk pasti terbebas dari dugaan penebangan liar.

2. Menggunakan Sisa Kayu Bekas
Belum semua industri mebel memegang sertifikat dari SVLK, meskipun bahan baku kayu mereka tergolong legal. Biasanya, pengusaha mebel terkendala masalah biaya.

Elite Golkar Sebut Ketua DPR Belum Tentu dari PDIP

Memang, ketiadaan sertifikat membuat Anda kesulitan menelusuri legalitas bahan bakunya. Tapi, Anda bisa menggunakan alternatif lain dengan membeli kursi tamu yang terbuat dari sisa-sisa kayu bekas furnitur tua, konstruksi rumah, dan sebagainya. Meskipun hanya kayu bekas, tapi daya tahannya dari waktu ke waktu justru membuktikan kualitasnya. Tidak mengherankan, banyak perancang mebel yang kini melirik kayu-kayu bekas.

3. Pilihlah Furnitur yang Awet
Jangan tanggung-tanggung! Sekalian saja membeli kursi tamu yang berkualitas tinggi sehingga terjamin keawetannya. Yah, meskipun Anda harus menggelontorkan dana yang jauh lebih mahal.

Jika kursi tamu dapat bertahan lama, Anda dapat menghemat anggaran serta penggunaan kayu, daripada harus membeli kursi baru setiap beberapa waktu sekali. Setidaknya, jika ada kerusakan sedikit-sedikit masih bisa diperbaiki. Kalau pun Anda ingin mengganti konsep interior kelak, kursi yang awet tersebut masih bisa dijual lagi. Sebagai alternatif, Anda juga dapat menggunakan sofa minimalis di ruang tamu Anda.

4. Belilah Kursi Tamu Antik
Nah, kalau kursi tamu antik itu justru sudah terbukti keawetannya. Apalagi jenis kayu jati. Meskipun sudah termakan usia dan berpindah tangan dari satu pemilik ke pemilik lainnya, kursi tetap terlihat elegan dan kokoh. Malahan, nilai jualnya bisa semakin tinggi.

5. Cintai Produk Dalam Negeri
Cara lainnya dengan membeli produk dalam negeri. Meskipun produk dari luar negeri melampirkan sertifikat FSC, tapi transportasi untuk mengirimkan barang tersebut bisa menciptakan polusi udara. Masa furniturnya ramah lingkungan, tapi proses pengirimannya merugikan lingkungan? Lagipula, membeli furnitur lokal sama saja dengan mendukung perekonomian dan kreativitas penggiat UKM.

6.Jual atau Manfaatkan Kembali
Anda sudah bosan dengan kursi tamu kayu di ruang tamu Anda? Jangan menyimpannya dalam gudang atau membuangnya. Anda bisa mengecatnya kembali sehingga tampak seperti baru.

Pilihan lainnya dengan menjualnya di toko-toko terdekat atau toko online. Cara tersebut merupakan salah satu upaya mengurangi penggunaan kayu, sehingga orang-orang yang awalnya tertarik membeli mebel baru, bisa saja beralih pada mebel bekas yang masih berkualitas. Namun, jika Anda memiliki bakat seni, Anda dapat mendaur ulangnya dan mengolahnya kembali menjadi sebuah karya seni atau perabotan baru.

Sekian tips memilih kursi tamu dari material kayu. Kini, ruang tamu Anda bisa mendapatkan sentuhan klasik tanpa harus mengorbankan lingkungan. Jika Anda berminat mencari model kursi lain, Anda dapat mengunjungi dekoruma.com untuk berbagai alternatif kursi minimalis dan murah.  (webtorial)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya