Yayan Ruhiyan Ajarkan 'Wiro Sableng' Silat

Yayan Ruhian
Sumber :
  • nuvola/VIVA

VIVA.co.id – Ada yang menarik dari film layar lebar Wiro Sableng. Yayan Ruhiyan, aktor sekaligus pesilat tangguh yang diakui kepiawaiannya, turut terlibat dalam penggarapan sinema tersebut, namun bukan sebagai pemeran.

Yayan Ruhian Didapuk Bintangi Film Hollywood Boy Kills World

Setelah disimak, ternyata Yayan eksklusif menjadi koreografer untuk gerakan-gerakan silat yang bakal dipertontonkan di sejumlah plot. Dalam menanamkan kemampuan para petarung Wiro Sableng, ia punya tiga komponen yang bakal ditekankan.

"Ada tiga unsur yakni gerak, irama, dan rasa, hal yang kelihatannya gampang tapi tidak seperti itu. Bahkan rasa itu sendiri lebih sulit mungkin, kalau dibandingkan teknik," ujar Yayan, di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan.

Yayan Ruhian Berharap Bisa Main Film Bareng Joe Taslim di Hollywood

Tanpa banyak pertimbangan, pemeran Star Wars Episode VII: The Force Awaken itu yakin atas kemampuan Vino Bastian yang telah padan dalam menjiwai sosok Wiro Sableng. Lebih dari sekedar profesional, namun menyangkut ikatan batin yang kuat.

“Secara pribadi, Vino pasti sudah punya spirit itu, saya yakin. Apalagi, dia memiliki hubungan darah dengan sang pencipta karakter," ujar Yayan. Bastian Tito, ayah kandung Vino, adalah sosok penulis buku silat Wiro Sableng dalam kurun tahun 1967 sampai akhir hayatnya, 2006.

Yayan Ruhian Tak Percaya Diri Adu Akting dengan Joe Taslim

Terkait teknik silat, Yayan ingin jika nantinya terdapat improvisasi maka gerakan itu tak akan melenceng jauh dari karakter Wiro Sableng. Selebihnya, ia membiarkan hal itu mengalir secara natural dalam diri Vino.

"Kalau saya ajarkan begini tiba-tiba dia gerakannya begitu, saya akan mengasahnya saja, karena itulah Wiro. Karakter tersebut hanya Vino yang lebih tahu, saya hanya segi gerakan silatnya saja," tutur Yayan, yang memulai debutnya lewat film Merantau pada 2009 silam.

Terus berusaha, sampai saat ini Yayan masih mengupayakan pembangunan karakter silat yang cocok untuk Wiro Sableng. Filmnya sendiri sekarang masih dalam masa penggarapan dan bakal tayang tahun depan, 2018.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya