Raditya Dika: Jangan Terjebak dalam Rutinitas Kerja

Raditya Dika
Sumber :
  • Raditya Dika

VIVA.co.id – Lebih dahulu dikenal sebagai penulis, Raditya Dika kini makin terkenal di ranah industri perfilman Tanah Air. Ia kerap kali bermain serta berada di belakang layar pada sejumlah penggarapannya.

5 Artis Indonesia Lulusan UI, No 5 Menantu Presiden

Kini, Dika disibukkan dengan persiapan menuju rilis film terbarunya yang berjudul The Guys. Digarap bersama Soraya Intercine Films, sinema layar lebar ini berlatar situasi komedi yang terjadi di kantoran.

"Film ini bercerita tentang empat orang sahabat pekerja kantoran yang berusaha untuk tahu, apakah hidup mereka bisa lebih baik ketika berhenti bekerja," ujarnya, di Kantor Soraya Intercine Films, kawasan Menteng, Jakarta Pusat, pada Senin, 13 Maret 2017.

Raditya Dika Ajak Calon Mahasiswa Dalami Industri Kreatif

Mencoba hal baru, Dika mengaku bahwa ini adalah film komedi situasi bertema kehidupan kantor pertama yang pernah ia garap. Oleh karena itu, demi memapankan The Guys, proses penggarapannya memakan waktu cukup lama.

"Skenario dibuat selama kurang lebih 1,5 tahun, dengan proses syuting selama 42 hari. Sekitar 90 persen lokasi dilakukan di Jakarta," kata Dika, berbicara kepada VIVA.co.id.

'Raditya Dika' Bikin Gol, Newcastle United Imbangi Chelsea

Dika yang juga menempati posisi sutradara, memiliki aturan mainnya tersendiri. Meski The Guys adalah film komedi, namun ia tak memaksakan para pemain untuk melucu karena hal itu bakal mengalir secara natural.

"Semua film yang saya tulis, enggak ada aturan pemain harus melucu semua. Ketika mereka sudah memerankan seperti skenario, maka biarkan situasi akan lucu dengan sendirinya," ujar Dika.

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, bahwa cerita The Guys merupakan pengalaman pribadi Dika ketika bekerja sebagai seorang pegawai kantoran. Di balik itu semua, ia hanya ingin menanamkan pesan tentang kehidupan manusia yang tak harus terkungkung dalam rutinitas pekerjaan saja.

"Saya selama kerja di sana punya bos, tiap bulan gajian, tapi kok ada yang kurang dalam hidup ini, kerjaannya cuma ketemu deadline. Intinya, seberapa mau kita berani untuk lepas dari sesuatu yang buat kita aman dan akhirnya hidup dari passion kita," tuturnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya