Cara Andien Layani Suami di Bulan Ramadan

Andien
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Diza Liane Sahputri

VIVA.co.id – Penyanyi Andien Aisyah yang kini masih menyusui buah hatinya, Anaku Askara Biru, mengaku tak menjalani ibadah puasa di bulan Ramadan tahun ini. Hal itu dilakukan, demi menjaga kelancaran ASI eksklusifnya.

Gak Cuma Pola Hidup Sehat, Andien Anggap Olahraga Sebagai Cara Ekspresikan Diri

Lalu, ketika ditanya bagaimana cara dia melayani sang suami, Irfan Wahyudi, dalam menjalankan ibadah puasanya di bulan Ramadan, Andien mengaku keluarga kecilnya itu memiliki cara yang berbeda dibanding orang-orang yang berpuasa pada umumnya.

Ketika umumnya orang yang berpuasa kerap menyediakan makanan untuk berbuka menjelang sore hari, Andien mengaku jika dia dan sang suami justru selalu berupaya menyiapkan segala sesuatunya secara bersama-sama.

Andien Ajak Anak Berhemat Air Lewat Dongeng

"Jadi pada saat buka puasa, kami memang membiasakan diri untuk ke dapur bertiga dan membuat makanannya bersama. Yang ingin aku ajarin ke anak aku sih bahwa kita manusia butuh berproses. Kalaupun harus order makanan, kita harus buka dulu, pindahin ke tempatnya, terus kita hangatkan, baru kita duduk di meja makan sama-sama," ujar Andien di kawasan Menteng, Jakarta Pusat.

Ketika ditanya apakah dia dan sang suami juga kerap melakukan 'ngabuburit' dengan mengajak sang buah hatinya itu jalan-jalan sore menjelang berbuka? Andien pun mengakui bahwa hal itu pernah dilakukannya sekali dalam empat hari puasa di bulan Ramadan kali ini.

Deretan Artis Tanah Air Tampil di KTT Asean, Ada Raline Shah hingga Mawar de Jongh

"Ini kan puasanya juga baru beberapa hari, jadi memang ngabuburitnya juga belum kita eksplor kemana-mana. Tapi kemarin kita sempat ke Pasar Majestik bareng. Itu pertama kalinya dia ke pasar dan seneng banget sih," kata Andien.

Mengenai bagaimana cara dia menjaga kondisi kesehatannya sebagai ibu menyusui dan istri? Andien menjelaskan bahwa semenjak memiliki bayi, menjaga pola makan dan berolahragatelah menjadi hal yang wajib baginya.

"Pertama adalah tetap positif dan tetap stabil. Yang kedua rajin olahraga. Lalu makan makanan yang sehat dan perbanyak makan sayuran serta protein. Hampir setiap hari semenjak saya menyusui, makanannya juga jadi berubah. Tiap pagi itu saya makan lalapan, jadi sudah pasti labu siam, brokoli, kembang kol, kacang panjang, semuanya sudah jadi santapan wajib," ujarnya. (mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya