Glenn Fredly Ingin Buka Pusat Kajian Musik Islam

Glenn Fredly
Sumber :
  • ANTARA/M Agung Rajasa

VIVA.co.id – Belum lama ini, musisi kenamaan Glenn Fredly baru saja merampungkan sejumlah kegiatan. Salah satu yang kentara adalah perilisan single terbarunya bersama Tompi, Agamaku Agamamu.

Glenn Fredly dan Erick Tohir Raih Eventori Award 2022

Konsep perilisan ini mengambil tempat di Ambon, Maluku. Selain meluncurkan materi barunya, ia juga memiliki agenda lain di sana.

Glenn berniat membuka pusat kajian musik Islam di Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ambon. Ia memiliki alasan tersendiri, mengapa Ambon menjadi pilihannya untuk merilis single yang dibarengi dengan pendirian pusat kajian tersebut.

Erick Thohir dan Glenn Fredly Dapat Penghargaan Eventori Award

"Karena Ambon adalah city of music, saya pikir pas sekali dengan narasinya yakni memulai dari dunia akademisi pendidikan. Ini mempertemukan lintas musik, dari tiap universitas di Ambon jadi bertemu," ujarnya di Masjid Cut Meutia, Menteng, Jakarta Pusat, 

Niatan pelantun Timur itu, konon mendapat respons positif dari akademisi-akademisi di sana. Di mata Glenn, wacana ini penting guna mengkaji musik dari perspektif yang lebih mendalam.

Glenn Fredly Raih Lifetime Achievement IMA 2021, Mutia Ayu Nangis

"Mereka menyambut baik pusat kajian peradaban musik Islam. Saya pikir ini penting karena akan jadi narasi nantinya dari Indonesia buat dunia, Islam dikaji dari kebudayaan itu sangat menarik," kata Glenn.

Glenn bersama Tompi, merilis single berjudul Agamaku Agamamu yang sedikit banyak bercerita soal toleransi dalam agama. Tak cuma itu, ada satu materi lagi yang turut diluncurkan.

"Ada dua lagu. Satu lagu Doa milik bimbo, satu lagi lagu Tompi, Agamaku Agamamu," tuturnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya