Dunkirk, Film Perang Dramatis dari Sejarah yang Nyata

Harry Styles dalam Film Dunkirk
Sumber :
  • Warner Bros.

VIVA.co.id – Film Dunkirk akan mulai tayang di Indonesia pekan ini, tepatnya pada tanggal 21 Juli 2017. Film ini menceritakan kisah nyata proses evakuasi ratusan ribu serdadu Inggris dan Prancis dari selat Dunkirk yang terkepung oleh Jerman dengan latar di tahun 1940-an.

5 Penyanyi Ini Terang-terangan Dukung LGBT, No 3 Gak Nyangka Banget

Penyanyi asal Inggris dan personel One Direction, Harry Styles, berperan sebagai tentara Inggris di film ini. Dunkirk menceritakan perjuangan Harry dan kawan-kawannya untuk dapat kembali ke daratan Inggris sebelum musuh yang mengepung kembali membombardir mereka.

Singkat cerita, beberapa kapal milik angkatan laut Inggris yang Harry dan teman-temannya naiki selalu hancur tenggelam sebelum dapat menyebrang ke daratan Inggris. Mereka pun harus mencari jalan lain dengan melibatkan ribuan kapal sipil untuk proses evakuasi.

Emily Ratajkowski Akhirnya Ungkap Sudah Berkencan dengan Harry Styles Selama 2 Bulan

Ulasan

VIVA.co.id berkesempatan menonton film ini dalam agenda screening di Gandaria, Jakarta Selatan, Selasa, 18 Juli 2017. Film ini segar, karena tema perang dunia bukan jadi tren belakangan ini.

Harry Styles dan Emily Ratajkowski Keciduk Ciuman di Jalanan Tokyo

Film garapan sutradara Christopher Nolan ini juga menyajikan sudut pengambilan gambar yang dramatis. Hasilnya, suasana film Dunkirk memang jadi lebih hidup. Penonton lebih merasakan situasi sebenarnya saat momen sejarah ini terjadi.

Meski Dunkirk berisi materi perang dan pertempuran, Christoper Nolan berhasil mengemasnya dengan baik sehingga masih layak untuk ditonton anak kecil sekali pun. Tidak ada darah dan adegan keras, jika dibandingkan dengan film perang kisah nyata lain seperti Pearl Harbour dan Black Hawk Down, film ini jauh lebih ramah untuk anak kecil.

Kekurangan dari film ini adalah durasi singkat, sekitar satu setengah jam, namun terasa agak lama karena cukup membosankan di awal. Banyak adegan-adegan yang ditayangkan dengan durasi agak lama tanpa disertai dengan materi film yang menarik, padahal bisa lebih singkat. Misalnya adegan berjalan di pantai yang diputar sampai 1 menit lebih.

Kurang adanya pengenalan antarkarakter juga salah satu kelemahannya. Banyak yang berperan di film ini namun hanya terdengar dua nama dari awal sampai selesai, yaitu Gibson dan Farrier (yang diperankan oleh Tom Hardy), penonton tak tahu nama-nama karakter lainnya. Selain itu, tidak jelas siapa tokoh utama dalam film ini.

Meski begitu, secara umum Dunkirk merupakan film perang yang cukup apik. Film tersebut mengajarkan nasionalisme serta nilai sejarah yang harus terus diingat. Akting Harry Styles sendiri terlihat cukup baik dan natural. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya