Merawat Rambut dengan Semangka, Memangnya Bisa

Semangka
Sumber :
  • Pixabay/ Ivabalk

VIVA – Warna merah dan kuning buah semangka begitu cantik. Rasanya yang manis dan segar, menjadikan semangka buah favorit banyak orang. Tak hanya segar saat dikonsumsi, buah ini juga mengandung banyak nutrisi.

Tiga Mahasiswa ITB Wakili Indonesia di Ajang Brandstrom di Inggris

Sebanyak 92 persen kandungan dalam semangka adalah air. Namun, bukan berarti air tersebut mengurangi manfaat semangka maupun kandungan vitamin di dalamnya. Semangka tetap mengandung cukup banyak mineral seperti magnesium dan kalium, karbohidrat, vitamin termasuk vitamin C dan A, serta antioksidan yang dibutuhkan tubuh. Tidak hanya itu, semangka juga termasuk rendah kalori, yaitu hanya 30 kalori dalam 100 gram semangka. Buah ini juga tidak mengandung lemak.

Namun tak hanya itu, semangaka pun bahkan bermanfaat untuk perawatan rambut. Dilansir laman Boldsky, buah semangka dipercaya dapat melembabkan, mencegah gatal, mempercepat pertumbuhan dan menjaga kesehatan rambut.

Rambut Capek Sering Bikin Mood Jelek? Yuk Cek Ciri-cirinya!

Jika Anda merupakan tipe orang yang malas melakukan perawatan rambut di salon, coba manfaatkan buah semangka ini di rumah untuk perawatan rambut anda. Caranya mudah, berikut beberapa tipsnya memanfaatkan semangka untuk perawatan rambut Anda:

Semangka.

Tak Hanya Kulit Wajah, Rambut Juga Butuh Skincare

Semangka dan mayones untuk pertumbuhan rambut  

Semangka ampuh merangsang pertumbuhan mahkota indah kepala Anda. Sebab kandungan vitamin C yang terdapat pada buah tersebut mampu menjaga kesehatan rambut.

Sedangkan mayones mengandung banyak lemak, sehingga dipercaya melembabkan serta menjaga pertumbuhan rambut.

Caranya mudah, siapkan semangka sebanyak 250-300 gram, serta dua sendok makan mayones. Lalu campur kedua bahan tersebut dalam wadah, aduk rata hingga halus. Setelah semua tercampur, diamkan selama 10 menit. Anda bisa menggunakan hair mask tersebut, oleskan hair mask ke rambut secara merata.

Jangan lupa pijat perlahan kepala Anda agar hair mask tersebut meresap sempurna hingga ke akar rambut. Diamkan selama 30 menit. Terakhir, bersihkan rambut dengan air dan sampo sampai benar-benar bersih.

Jus semangka.

Jus semangka baik untuk kulit kepala kering

Sering mengkonsumsi jus semangka dipercaya mampu merawat kulit kepala kering secara alami. Tak hanya itu, semangka ampuh mencegah rambut rontok, membunuh kuman di kulit kepala serta menguatkan folikel rambut.

Kali ini jus semangka bukan hanya segar untuk diminum, tapi sesekali manfaatkan jus semangka sebagai kondisioner alami. Caranya cukup mudah, potong semangka secukupnya dan air satu gelas. Lalu blender, pastikan buah tersebut berubah menjadi cair.

Setelah itu tuang kembali ke dalam gelas, gunakan jus semangka pada rambut secara merata sebelum menggunakan sampo. Diamkan selama 10 menit, lalu bersihkan dengan air. Selamat mencoba.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya