Survei: Indikator Cantik Bukan Cuma Kulit Putih, Langsing dan Stylish

Ilustrasi geng wanita
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Cantik tak hanya diukur dari penampilan fisik, setidaknya itulah yang diyakini oleh lebih dari setengah perempuan Indonesia dalam survei ZAP Beauty Index 2018. Survei yang dilakukan oleh klinik kecantikan ternama itu pada 17.889 perempuan di seluruh Indonesia ini menemukan bahwa 50,7 persen perempuan Indonesia telah merasa percaya diri dengan kondisi fisik mereka.

Habib Bahar Ngaku Pernah Dilamar Artis Cantik: Dia Datangi Istri Saya Minta Izin

Menurut survei, rasa percaya diri tersebut justru semakin meningkat seiring dengan bertambahnya usia dan kedewasaan. Sementara hanya 24,6 persen responden di bawah 18 tahun masih berpendapat bahwa kulit putih lebih penting daripada bahagia, responden yang berusia 24 tahun ke atas memperlihatkan bahwa mereka mampu menerima kekurangan dan kelebihan yang dimilikinya.

Perempuan Indonesia tidak lagi terdorong menjadi cantik karena pengaruh pasangan, lingkungan pergaulan maupun media sosial. Temuan tersebut juga menunjukkan bahwa dorongan untuk merawat penampilan fisik 82,2 persen datang dari diri sendiri. Hal tersebut memperlihatkan bahwa perempuan Indonesia telah memiliki kesadaran bahwa perasaan cantik dimulai dari dan untuk diri sendiri.

10 Wanita Muslim Tercantik di Dunia, Mereka Menarik dan Menginsipirasi

Head of Medical and Training dari ZAP Clinic, dr. Dara Ayuningtyas, menganggap wajar temuan ini. Menurutnya, perempuan dengan rasa percaya diri tinggi, otomatis juga memiliki rasa mencintai diri sendiri yang tinggi, sehingga berdampak positif dalam aspek kehidupan lain.

"Sebagai efeknya, mereka akan menjadi lebih aware terhadap kebutuhan tubuh sehingga sering berolahraga, mengonsumsi makanan bergizi, tidur teratur, merawat kebersihan serta kecantikan diri,” ujarnya dalam rilis ZAP.

Biar Aman dan Terpercaya, 5 Faktor Ini Wajib Dipertimbangkan saat Pilih Klinik Kecantikan

Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa mayoritas perempuan Indonesia telah memiliki tingkat self-love yang tinggi. Self-love merupakan salah bentuk penerimaan dan apresiasi diri ini dapat diekspresikan dengan bermacam cara. Salah satunya adalah dengan merawat diri dengan baik.

Temuan ZAP Beauty Index 2018 juga menunjukkan bahwa para perempuan memiliki sejumlah definisi baru terhadap kata cantik. Indikator kecantikan bukan lagi semata-mata kulit putih, dandanan stylish atau tubuh langsing. Sebanyak 67.5 persen responden percaya bahwa kecerdasan merupakan daya tarik terbesar dari seorang perempuan. Selain itu, 76,8 persen responden juga menuturkan bahwa kesehatan adalah hal yang paling berharga.

Skin Age Detector

Menggabungkan Teknologi dan Kecantikan, Era Baru Perawatan Kulit dengan AI

Salah satu keunggulannya adalah kemampuan untuk menyediakan perawatan kulit yang komprehensif, tidak hanya fokus pada aspek estetika atau kecantikan tapi juga kesehatan.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024