Ini Situs E-Commerce yang Paling Diincar saat Harbolnas

Ilustrasi donasi online.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Harbolnas merupakan kependekan dari Hari Belanja Nasional yang diselenggarakan oleh berbagai e-commerce di Indonesia setiap tanggal 12 Desember. Layaknya Black Friday di Amerika Serikat dan Singles Day di China, Harbolnas merupakan kampanye cyber sale terbesar di Indonesia.

UMKM Lokal Ungkap Peningkatan Penjualan di Harbolnas 12.12

Pertama kali digelar pada 12 Desember 2012, kampanye ini dibuat dengan tujuan untuk mengedukasi masyarakat Indonesia tentang kemudahan belanja online yang aman dan nyaman, serta bisa dilakukan kapan saja.

Nah, portal diskon Tanah Air, CupoNation mengungkap sejumlah fakta mengenai antusiasme masyarakat menyambut Harbolnas. Portal tersebut menganalisis perkembangan atensi masyarakat Indonesia terhadap Harbolnas selama dua tahun terakhir.

Sambut Harbolnas, Zulhas Jadi Host Shopee Live Bersama Seller UMKM Ekspor

Berikut tiga fakta terkait antusiasme Harbolnas di Tanah Air, dikutip dari siaran pers CupoNation yang diterima VIVA, Kamis, 6 Desember 2018.

1. 5 Wilayah di Indonesia Pemburu Harbolnas

Sambut Harbolnas, TikTok Shop Resmi Gabung Tokopedia dan Beroperasi Lagi

Jumlah pengguna internet di Indonesia tersebar luas dari berbagai wilayah. Hal ini menimbulkan kesenjangan, di mana beberapa wilayah di Indonesia memiliki popularitas penelusuran yang lebih tinggi daripada wilayah lainnya.

Jika dilihat dari data 2 tahun terakhir mulai tahun 2016 hingga 2017, maka volume penelusuran Google tertinggi pada kata kunci Harbolnas berasal dari Banten dan beberapa wilayah lain, yang jika diurutkan adalah sebagai berikut;

1. Banten
2. Daerah Istimewa Yogyakarta
3. Daerah Khusus Ibukota Jakarta
4. Jawa Barat
5. Jawa Tengah

2. 5 Situs e-commerce paling banyak ditelusuri

Setelah menganalisis volume penelusuran kata kunci Harbolnas pada minggu digelarnya Hari Belanja Online Nasional, diketahui bahwa ada lima situs e-commerce Indonesia yang paling banyak telusuri di Google.

Situs e-commerce di urutan pertama dengan volume penelusuran tertinggi adalah Lazada, diikuti oleh Tokopedia dan beberapa e-commerce lain. Berikut urutannya.

1. Lazada
2. Tokopedia
3. Shopee
4. Bukalapak
5. Zalora

Terdapat kesamaan dalam susunan peringkat 4 besar e-commerce yang paling banyak dikunjungi selama Harbolnas dan Black Friday yaitu Lazada, Tokopedia, Shopee dan Bukalapak.

3. 3 Festival diskon yang paling populer di Indonesia

Selain Harbolnas terdapat beberapa festival diskon lain di Indonesia seperti Black Friday, Cyber Monday, 11.11, 10.10 dan JGOS. CupoNation menganalisis festival diskon yang paling banyak ditelusuri masyarakat indonesia melalui Google.

Berdasarkan hasil studi, Kampanye Cyber Sale yang paling populer adalah Harbolnas, dan jika diurutkan berdasarkan peringkat adalah sebagai berikut;

1. Harbolnas
2. Black Friday
3. 11.11
4. 10.10
5. Cyber Monday
6. JGOS

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya