Jangan Sembarangan, Ini Tips Merawat Rambut Berwarna Tetap Sehat

Anak dengan rambut diwarnai.
Sumber :
  • Pexels

VIVA – Mengubah warna rambut telah menjadi tren tersendiri baik di kalangan perempuan maupun laki-laki. Setelah proses pewarnaan selesai, banyak orang tidak sadar bahwa rambut berwarna membutuhkan perawatan ekstra. 

Geger! Peneliti BRIN Temukan Tanda-tanda Kehidupan Harimau Jawa di Sukabumi

"Jika salah dalam melakukan perawatan rambut berwarna, tidak menutup kemungkinan rambut malah menjadi rusak dan terkesan tidak terawat. Bahkan, rambut juga bisa mengalami masalah lain seperti patah, bercabang, atau rontok," ungkap Hair Expert dari The Clinic Beautylosophy dr Nur Anindhawati, Sp BP-RE seperti dikutip dari siaran pers yang diterima VIVA, Jumat, 10 Januari 2010.  

Untuk itu, perlu lebih selektif dalam merawat rambut yang berwarna agar tetap sehat dan warnanya tetap memancar dengan kuat. Anindhawati mengatakan, hal pertama yang harus diperhatikan adalah kebersihan rambut. 

Cara Efektif Hilangkan Ketombe Menurut Dokter, Kenali Dulu Penyebabnya

"Lakukanlah keramas dengan rutin namun jangan terlalu sering karena berpotensi merusak rambut, kulit kepala dan juga warna rambut. Pastikan sampo yang kamu gunakan cocok dengan kondisi kepala dan rambut. Untuk hasil maksimal, kamu juga bisa menggunakan produk sampo khusus untuk rambut berwarna," kata dia. 

Selain sampo, lanjut Nur Anindhawati, sebaiknya juga menggunakan kondisioner karena tekstur rambut yang diwarnai cenderung lebih kering daripada rambut alami yang tidak diwarnai. Jadi pastikan menggunakan rangkaian produk perawatan yang ditargetkan untuk melembapkan rambut, setidaknya sekali dalam seminggu. Hal ini agar rambut sehat dan warnanya juga tidak mudah pudar.

Pamer Rambut Baru, Iqbaal Ramadhan Malah Disebut Mirip Dora The Explorer

"Cara penggunaannya juga mudah, setelah keramas menggunakan sampo, usapkan kondisioner pada rambut yang sudah dibasahi dengan air hangat, kemudian bungkus dengan handuk selama kurang lebih 30 menit agar vitaminnya dapat terserap. Selanjutnya bilas rambut hingga bersih, manfaatnya akan terlihat ketika rambut sudah kering," kata dia. 

Hal laun yang juga penting menjadi perhatian ialah agar tidak sering menggunakan pengering rambut catokan. Penggunaan yang terlalu sering dapat merusak rambut bahkan rambut yang tidak diwarnai juga bisa rusak akibat kedua hal tersebut. 

"Paparan panas bisa membuat rambut lebih berpori dan tentunya berdampak buruk pada warna rambut karena bisa membuatnya menjadi mudah luntur dan tidak dapat bertahan lama," kata Nur Anindhawati. 

Mengenai warna rambut, disarankan untuk tidak terlalu sering mengganti warna rambut karena hal tersebut bisa berdampak buruk pada rambut. Umumnya pewarna rambut menggunakan bahan kimia yang cukup banyak guna memberi warna pada rambut. Terlalu sering menggunakan pewarna rambut yang kaya akan zat kimia, tentunya akan berbahaya pada kondisi rambut. 

"Selain itu perlu juga melakukan Complete Hair di The Clinic untuk mendapatkan perawatan rambut yang menyeluruh. Dengan melakukan perawatan tersebut, kulit kepala akan lebih bersih dari sebelum dan bebas dari segala macam kotoran yang biasa terdapat di kepala,"ujar  Nur Anindhawati

Selain itu, penggunaan laser juga akan membuat peredaran darah di area kepala lebih lancar dan mengakibatkan rambut tumbuh lebih cepat, lebat, dan juga sehat.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya