BukuKas, Solusi UMKM Atasi Kredit Macet Karena Piutang Usaha

Aplikasi Bukukas.
Sumber :

VIVA – Keberlangsungan suatu usaha sangat dipengaruhi oleh manajemen keuangan yang baik, yang menjamin lancarnya perputaran arus kas, termasuk pengelolaan hutang piutang.

4 Tips Mudah Dapatkan Barang Elektronik via Cicilan Tanpa Kartu Kredit

Adanya piutang dalam suatu usaha adalah suatu hal yang wajar dan seringkali tidak terhindarkan. Piutang timbul karena adanya penjualan barang atau jasa yang pembayarannya tidak dilakukan secara tunai.

Pada kenyataannya, banyak pelaku usaha yang menerapkan pembayaran secara non tunai atau kredit, karena ternyata hal tersebut juga dapat meningkatkan keuntungan bisnis.  

Ini Alasan Robot Pembersih jadi Solusi Terbaik Bersih-bersih Rumah

Ada banyak alasan pelaku usaha menerapkan kebijakan piutang, salah satunya karena daya beli konsumen terbatas.

Dengan kebijakan piutang, konsumen diharapkan tetap membeli atau mengkonsumsi produk atau jasa yang Anda tawarkan, sehingga penjualan terus berjalan.

Postingan Igun dan Ruben Buat Netizen Meleleh Cari Silaturahmi

Namun dalam praktiknya seringkali timbul permasalahan, yaitu tidak lancarnya pembayaran piutang, yang lazimnya disebut kredit macet atau piutang tidak tertagih.

Hal ini tentu berisiko terhadap kelancaran arus kas suatu usaha, sehingga pelaku usaha perlu melakukan cara-cara tertentu untuk meminimalisir terhambatnya pembayaran piutang.  

Jika Anda adalah pelaku usaha, maka piutang menjadi tuntutan Anda kepada pelanggan/klien atau pihak eksternal yang diharapkan dapat diselesaikan dengan pembayaran sejumlah uang tunai dengan tenggat waktu tertentu.

Demi menjaga perputaran arus kas usaha Anda, pastikan bahwa Anda selalu menerima pembayaran tepat waktu.

Jika pembayaran sudah jatuh tempo dan pihak yang berhutang kepada Anda masih belum membayar tagihannya, jangan ragu untuk mengingatkan mereka.

Solusi Tepat Mengelola Hutang Piutang Usaha

Masalah kredit macet akibat piutang sebenarnya bisa dihindari jika pelaku usaha memanfaatkan aplikasi digital untuk mengelolanya. 

Dengan menggunakan aplikasi pembukuan keuangan digital BukuKas, hal-hal tersebut tidak perlu terjadi, karena aplikasi gratis yang bisa diunduh di Google Play Store ini dilengkapi dengan fitur yang memudahkan penggunanya untuk mencatat seluruh transaksi hutang piutang secara detail dan membantu mengontrol pembayarannya.

Fitur Hutang Piutang ini memungkinkan para pelaku usaha untuk mengirimkan Pengingat Pembayaran Hutang kepada pihak yang berhutang agar pelunasannya dilakukan tepat waktu. 

Pengingat tersebut dikirimkan melalui aplikasi pesan WhatsApp, sehingga mudah diakses oleh penerima pesan.

Pengguna BukuKas juga dapat memanfaatkan fitur Auto Credit Reminder, dimana pengguna bisa mengatur tanggal untuk diingatkan oleh BukuKas untuk menagih hutang kepada pelanggan mereka, sehingga tagihan dapat dibayarkan sesuai tanggal jatuh tempo.

Dengan penggunaan fitur tersebut, penagihan hutang menjadi lebih efektif hingga 3x lipat. Pelaku usaha dapat mengelola utang piutangnya dengan baik, sehingga dapat menghindari terjadinya kredit macet atau tagihan yang tidak tertagih yang membuat arus kas usaha menjadi terganggu.

Selain hutang piutang, aplikasi BukuKas ini juga dapat membantu penggunanya mengelola keuangan usaha secara keseluruhan untuk mencegah terjadinya manajemen keuangan yang buruk, yang menjadi sumber masalah dari kegagalan suatu usaha.

Cukup dengan mengunduh aplikasi BukuKas melalui Google Play Store dan mengikuti petunjuknya, para pengguna dapat memanfaatkan beragam fitur yang ditawarkan dalam aplikasi tersebut untuk melakukan segala hal yang berkaitan dengan pengelolaan keuangan mereka.

Selain berbagai fitur yang sangat membantu pengelolaan keuangan, BukuKas juga mengadakan program edukasi bagi penggunanya melalui Kelas Sahabat BukuKas. 

Kelas online ini menjadi tempat sharing ilmu, pengalaman, serta tips dan trik yang berguna untuk membekali para pengguna aplikasi ini dengan pengetahuan baru.

Ada beragam topik yang dibahas dalam kelas online ini, misalnya Jualan di Instagram, influencer marketing, dan sebagainya. 

Kelas Sahabat BukuKas ini merupakan suatu metode pendampingan bagi para UMKM agar dapat mengembangkan bisnis mereka.

Sudah saatnya para pelaku usaha di era digital ini melakukan perubahan dalam bisnis mereka dengan memanfaatkan berbagai kemudahan dalam aplikasi BukuKas, sehingga mereka semakin mampu untuk bertahan di tengah persaingan bisnis yang ketat, bahkan bisa berkembang.

Dengan BukuKas, para pelaku bisnis dapat melakukan pengelolaan keuangan dengan praktis dan lancar, menambah ilmu melalui kelas online, serta mudah untuk memonitor perkembangan usaha mereka dimana saja dan kapan saja, karena semua dapat dilakukan dalam genggaman perangkat mobile.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya