Heboh, Batik Disebut Kerajinan Tradisional China

Heboh, Batik Disebut Kerajinan Tradisional China

Senin, 13 Juli 2020 | 15:52 WIB
Oleh :
Mereka juga mengatakan, batik biasa dipakai oleh kelompok etnis China.
Ilustrasi membatik.
Photo :
  • VIVA.co.id/Muhamad Solihin

Ilustrasi membatik.

VIVA – Batik merupakan warisan budaya Indonesia yang sudah mengakar sejak dulu. Keunikan motifnya, membuat batik disukai, bahkan oleh banyak negara lain. Saking uniknya, kerajinan yang jadi bagian dari kesenian budaya kita ini, seringkali diklaim oleh negara lain. 

Nah, baru-baru ini, media sosial dihebohkan dengan unggahan kantor berita resmi Republik Rakyat Tiongkok (RRT), Xinhua, yang menyebut batik sebagai kerajinan tradisional dari China. Dalam unggahan berbentuk video itu, batik disebut biasa dipakai oleh kelompok etnis di Guizhou dan Yunan. 

Adalah akun China Xinhua News, yang mengunggah video tersebut di Twitter. Cuitan @XHNews itu juga menjelaskan proses pembuatan batik di China. "Batik adalah kerajinan tradisional yang umum di kalangan kelompok etnis di China. Menggunakan lilin leleh dan alat seperti spatula, orang mewarnai kain dan memanaskannya untuk menghilangkan lilin. Lihatlah bagaimana kerajinan kuno berkembang di zaman modern. #AmazingChina," tulis @XHNews di Twitter, dikutip VIVA, Senin 13 Juli 2020. 

Baca Juga: #TanyaDokter: Aturan Minum Obat Hipertensi Vs Kolesterol

Berita Terkait :
Saksikan Juga