Totok Bisa Tingkatkan Imunitas, Begini Caranya

Ilustrasi kecantikan.
Sumber :
  • Freepik/drobotdean

VIVA – Menjaga imunitas tubuh sangat baik dilakukan di masa pandemi virus corona atau COVID-19 ini. Mulai dari mengatur pola makan hingga rutinitas. Siapa sangka, melakukan totok atau acupressure juga dapat memacu kekebalan tubuh meningkat.

KPK Periksa Anggota DPR Fraksi PDIP Ihsan Yunus soal Dugaan Korupsi APD di Kemenkes

Menurut dokter spesialis akupuntur, Dr. Kemas Abdurrohim, MARS, M.Kes, SpAk, melakukan totok wajah sangat bermanfaat bagi banyak hal, seperti mengatasi mata lelah, stre, serta kekebalan tubuh. Tak heran, melakukan totok ini sangat dianjurkan di masa pandemi.

Baca Juga: Wajib Coba, 4 Langkah Mudah Totok Wajah Atasi Mata Lelah

Sederet Tips Jitu untuk Turunkan Berat Badan Setelah Lebaran

"Totok bisa tingkatkan imunitas. Ada beberapa titik yang perlu diketahui. Cukup dipijat saja, ini bagus untuk masa COVID-19," tuturnya dalam acara Hidup Sehat di tvOne, beberapa waktu lalu.

Berikut empat tahapan dalam melakukan totok atau acupressure menurut arahan dokter Kemas.

Singapore PM Lee Hsien Loong to Resign After Two Decades on Duty

Ilustrasi kecantikan/wanita/perawatan kecantikan.

1. Cuci tangan

Mencuci tangan sangat disarankan sebelum menyentuh area yang akan dipijat saat akan melakukan totok. Disarankan juga kuku tidak panjang agar mencegah luka saat pijat.

2. Aplikasikan minyak atau sabun

Sebelum memijat, disarankan mengaplikasikannya dengan minyak atau sabun agar licin. Dengan begitu, dapat mempermudah saat memijat dan mencegah iritasi.

3. Titik pijat

Totok berbeda dengan akupuntur. Jika akupuntur memakai jarum, totok cukup memijat di titik yang tepat. Untuk menjaga imunitas, ada tiga titik, yakni di area punggung tangan, lutut dan betis.

"Pijat di bagian tengah punggung tangan, 4 jari di bawah lutut, dan 1 jari di samping tulang betis," kata dia.

4. Durasi

Totok ini bisa dilakukan siapa saja dan di usia berapa pun. Tentu, harus dilakukan dengan nyaman termasuk durasi tepat

"Sehari sekali 5-15 menit. 1 titik 5 kali putar. Ditekan sambil diputar melingkar. Besar tekanannya dilihat dari sepertiga ujung kuku sampai berubah warna putih," kata dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya