Tujuh Manfaat Garam untuk Merawat Kulit

Kulit wajah
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id - Selain sebagai penambah rasa dalam makanan, garam juga sangat efektif dan murah membantu merawat kulit Anda, karena dapat menyingkirkan jerawat, sel kulit mati dan mencerahkan warna kulit.

Karena itu, jika melakukan perawatan di salon, pastikan bahwa bahan yang digunakan untuk perawatan kulit mengandung garam. Namun, jika Anda melakukan perawatan tubuh di rumah, Anda bisa menambahkan 3-4 sendok garam dalam air mandi demi menyingkirkan masalah kulit dalam waktu singkat.

Berikut ini manfaat garam untuk kulit Anda seperti dilansir dari Boldsky.

Mengangkat sel kulit mati

Campur satu sendok makan garam dengan tiga sendok makan madu. Kemudian terapkan campuran ini ke kulit dan pijat dengan cara melingkar. Ulangi rutinitas ini setelah dua hari kemudian untuk mengangkat sel-sel kulit mati.

Mencerahkan warna kulit

Untuk mencerahkan warna kulit, salah satu bahan terbaik yang bisa digunakan untuk wajah Anda adalah garam. Tambahkan dua sendok makan garam ke dalam air mawar.

Sering Mandi Bisa Sebabkan Iritasi

Campur kedua bahan dan basuh wajah Anda dengan air ini dua sampai tiga kali dalam sehari. Air mawar membantu membersihkan kulit dan garam akan mengangkat kotoran di kulit.

Mencegah keriput

Untuk mengobati dan mencegah keriput di masa depan, pijat daerah yang rawan  dengan larutan garam setiap hari selama 10 menit.

Melembutkan kulit

Untuk membuat kulit Anda lembut, Anda tidak perlu membuang-buang banyak uang dengan membeli krim mahal, karena dengan menerapkan garam sekali atau dua kali dalam seminggu bisa membantu membuat kulit Anda lembut dalam waktu singkat.

Caranya, masukkan satu sendok makan garam ke dalam mangkuk, campurkan krim dingin dan satu sendok teh susu. Campur bahan tersebut menjadi pasta kental untuk wajah.

Menyembuhkan jerawat

Jerawat dapat diobati dengan obat sederhana. Letakkan dalam mangkuk, satu sendok makan garam dan satu sendok teh bubuk kunyit dan sedikit selai, campur bahan tersebut menjadi pasta kental.

Setelah itu aplikasikan campuran itu ke jerawat. Biarkan hingga kering dan bilas wajah dengan air hangat. Lakukan trik ini dua kali dalam seminggu untuk menyembuhkan jerawat.

Mengobati luka bakar

Garam dapat mengobati luka hingga luka bakar dengan cepat. Yang perlu Anda lakukan adalah terapkan larutan garam ke luka. Anda akan merasa sedikit perih, tapi itu dapat menyembuhkannya.

Menghilangkan komedo

Komedo yang membandel pada kulit dapat dihilangkan hanya dengan bantuan terapi garam. Caranya, tuang satu sendok makan garam dan sedikit air hangat. Campur bahan dan pijat pada daerah yang rawan komedo sebelum garam mencair ke dalam air. Setelah selesai, bilas kulit dengan air.

Manfaat 'Hyaluronic Acid' untuk Kulit
Ilustrasi luka

Cara Tepat Tangani Luka Kulit agar Tak Berbekas

Keadaan luka harus lembab atau moist, bukan basah.

img_title
VIVA.co.id
10 Agustus 2016