150 Busana Ratu Elizabeth Mulai Dipamerkan

Ratu Elizabeth dengan model sepatu yang sama
Sumber :
  • Reuters

VIVA.co.id – Busana dan aksesori Ratu Elizabeth II dipamerkan untuk umum mulai hari ini, Jumat, 22 April 2016. Itu dilakukan untuk memperingati ulang tahunnya ke-90.

Intip Koleksi Mahkota Ratu Inggris

Pameran bertema Fashioning a Reign: 90 Years of Style from The Queen’s Wardrobe dihelat di Istana Holyroodhouse, Edinburgh. Banyak busana dengan sentuhan gaya monarki yang ditampilkan.

Tampilan pertama berfokus pada peristiwa penting dalam kehidupan Ratu, dukungannya terhadap kerajinan, desain, dan pola tartan dalam gaun kerajaan Inggris. Di antara puluhan busana yang dipamerkan, salah satunya pernah dikenakan saat pernikahan adiknya, Putri Margaret dan Antony Armstrong-Jones pada Mei 1960.

Surat Cinta Ratu Elizabeth Dilelang

Dikutip dari Daily Record, gaun turquoise warna biru yang dipadukan dengan jaket bolero ini dirancang oleh Norman Hartnell. Dia adalah perancang Inggris yang menciptakan gaun pengantin Putri Margaret.

Perancang yang mulai bekerja sama dengan Elizabeth pada 1940-an itu, juga menciptakan gaun malam yang dikenakan Ratu dengan selempang gaya tartan Royal Stewart dalam acara Gillies Ball di Kastil Balmoral pada 1971. Busana ini juga ditampilkan dalam pameran.

Perayaan HUT Ratu Elizabeth II ke-90 Berlangsung Meriah

Busana lain yang dipamerkan adalah yang dikenakan Ratu dalam peresmian pembukaan Parlemen Skotlandia pada 1 Juli 1999. Dia mengenakan mantel warna ungu, yang terbuat dari campuran sutera wol dengan sutra crepe dan gaun renda hijau, selendang warna ungu serta hijau gaya tartan Isle of Skye serta tenun Isle of Lewis.

Busana yang dirancang Sandra Murray itu dipadu dengan topi buatan Philip Somerville, dengan tampilan busur dan bulu berwarna hijau gelap.

Busana masa kecilnya juga dipamerkan, termasuk mantel double-breasted yang dipakai Elizabeth dan Putri Margaret bersama Raja George VI dan Ratu Elizabeth selama kunjungan resmi mereka ke Istana Holyroodhouse pada 1937.

Selain di Holyroodhouse, acara akan dilanjutkan di Istana Buckingham mulai 23 Juli dan Kastil Windsor pada 17 September 2016. Totalnya, akan ada sekitar 150 busana yang dikenakan oleh Ratu Inggris itu dipamerkan di tiga tempat.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya