Ingin Terlihat Awet Muda? Jauhi Makanan dan Minuman Ini

Jangan lupa asupan air putih, jus atau smooties.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id – Makanan dan minuman punya pengaruh besar terhadap penampilan kulit wajah. Jika salah memilih makanan dan minuman, dampaknya pun bisa menimbulkan tanda-tanda penuaan dini.

Khasiat Premium DNA Salmon Soap, Beri Manfaat Luar Biasa Kesehatan dan Kecantikan Kulit

dr. Deffy Leksani Anggar Sari dari MeetDoctor menyatakan bahwa sembarang mengonsumsi makanan dan minuman sembarangan, dapat membuat kulit menjadi tak sehat dan cenderung membuat wajah terlihat lebih tua.

"Misalnya saja, jika Anda gemar mengonsumsi makanan dan minuman manis. Kadar gula dalam tubuh dapat membuat penampilan Anda terlihat lima tahun lebih tua dibandingkan mereka yang jarang mengkonsumsi gula," katanya pada

Gemes Banget, Ge Pamungkas Buka-bukaan Gemar Merawat Kulit: Muka Itu Termasuk Aset

Mengontrol kandungan gula di tubuh tak hanya membuat Anda jauh dari penyakit diabetes namun juga menghindari Anda terlihat lebih tua.

Selain itu, gemar mengonsumsi alkohol, gemar mengonsumsi makanan yang terlalu asin serta mengkonsumsi kafein secara teratur, dapat membuat cairan dalam tubuh terus keluar.

Nita Gunawan Ngaku Gak Pakai Bedak Buat Wajah Glowing: Cuma Pakai Sabun Rp30 Ribu

"Hal tersebut dapat membuat Anda menjadi lebih lemas. Selain itu, kafein juga dapat membuat kulit kering sehingga wajah akan terlihat lemas dan menua," jelasnya.

Tak hanya dipengaruhi oleh makanan dan minuman, salah perawatan juga bisa membuat kulit mudah mengalami penuaan dini. Diakui pula oleh Deffy, setiap jenis kulit diperlukan perawatan yang berbeda. Jika Anda yang kerap menghabiskan waktu di ruangan AC dan terpapar sinar matahari, dianjurkan untuk menggunakan perlindungan ekstra.

Seperti pelembap, tabir surya, dan rutin membersihkan kulit terutama kulit wajah. Saat tubuh mengalami dehidrasi, kulit menjadi salah satu korban pertama. Karena itu, memenuhi kecukupan cairan merupakan suatu keharusan.

"Cairan bisa di dapat dari air putih, mikronutrien, buah dan sayur itu penting. Sehingga tidak hanya minum saja, konsumsi makan juga penting bagi kesehatan kulit kita," kata Deffy.

Baca juga:

Kulit Butuh Nutrisi Ekstra Saat Puasa

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya