Cara Mudah Melindungi Rambut Berwarna Saat Berenang

Rambut berwarna.
Sumber :
  • Pixabay/Matlachu

VIVA.co.id – Mewarnai rambut merupakan salah satu cara yang ditempuh para wanita agar mendapatkan penampilan rambut yang berbeda dari sebelumnya. Tidak hanya itu, mewarnai rambut pun bisa menjadi salah satu cara  mengekspresikan suasana hati sekaligus menonjolkan karakter seseorang.

Trik Rambut Sehat Ala Patricia Gouw, Cukup Keramas Aja?

Merawat rambut berwarna tidaklah mudah, dibutuhkan perawatan dan perlakuan khusus. Salah satunya ketika berenang.

Air kolam renang cenderung mengandung zat kimia, seperti klorin dan kaporit, kandungan tersebut akan merusak rambut yang diwarnai. Selain akan membuatnya kusut, air kolam renang juga akan membuat rambut menjadi rapuh dan kering.

Perawatan Sederhana Rambut Sehat Berkilau Model Patricia Gouw

Untuk itu, bagi Anda yang melakukan pewarnaan rambut dan ingin berenang sebenarnya haruslah memerhatikan cara perlindungannya. Berikut ini beberapa cara melindungi rambut berwarna saat berenang. Seperti dilansir dari laman Glamour Senin, 18 Juli 2016.

Terapkan minyak alami

4 Tips Mencegah Rambut Rusak Meski Sering Gunakan Hairdryer

Sebelum Anda memutuskan untuk berenang ada baiknya untuk membalurkan minyak alami pada rambut secara menyeluruh. Anda dapat memilih minyak zaitun dan minyak kelapa untuk melindungi rambut dari paparan klorin.

Bersihkan rambut sebelum berenang

Anda dapat membersihkan rambut dengan air bersih sebelum Anda memutuskan untuk berenang. Trik ini diyakini dapat mengurangi zat klorin atau air garam merusak rambut berwarna Anda. Setelah berenang pun Anda harus membilas semuanya dengan baik menggunakan air murni.

Gunakan sunscreen pada rambut

Sama seperti kulit, rambut Anda pun membutuhkan perlindungan yang sempurna dari paparan sinar matahari. Sebelum memutuskan untuk berenang gunakan produk rambut yang mengandung UVA dan UVB filter untuk melindunginya dari klorin dan matahari.

Cara ini dapat melindungi rambut dari kerusakan zat kimia dan bau klorin yang menempel di rambut.

Ikat rambut Anda

Saat akan berenang baik di pantai atau dikolam renang sebaiknya jangan biarkan rambut Anda terurai. Cobalah untuk mengikatnya secara keseluruhan menyerupai ikat bun atau cepol. Ini dapat mencegah helai demi helai rambut terendam zat kimia terlalu banyak.

Gunakan sampo yang tepat

Setelah berenang Anda perlu membilas rambut dengan baik dengan sampo yang sesuai dengan kebutuhan rambut Anda. Untuk rambut berwarna dapat menggunakan sampo yang mengandung duo hydrating, bebas sulfat dan terbebas dari kimia. Sampo tersebut dapat membuat tahan lama dan menambahkan kilau rambut.

Jangan lupa memakai kondisioner

Untuk menghidrasi rambut dan menjaga keindahannya, tidak pula terapkan masker rambut atau kondisioner agar rambut tidak mudah kusut dan ternutrisi.

Tambahkan beberapa tetes minyak esensial atau serum di bagian ujung rambut. Ini untuk menghindari bagian ujung agar tidak kering dan melindungi dari matahari kerusakan ekstra.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya