Tips Padu Padan Riasan Wajah Sesuai Warna Kulit

Ilustrasi kosmetik
Sumber :
  • Pixabay/Annca
VIVA.co.id
Manfaat Kosmetik yang Mengandung Bahan Perawatan Kulit
- Pemilihan warna alas bedak yang tepat menjadi kunci sukses tata rias wajah. Keputusan untuk mencampur atau hanya menggunakan satu jenis warna juga turut berpengaruh di dalamnya.

Tips Merias Wajah untuk Acara Malam Hari

Hal pasti yang harus diketahui adalah mengenali warna kulit. Di Asia, terdapat empat jenis warna kulit, yaitu putih, kuning langsat, sawo matang dan gelap.
Empat Kesalahan Umum Wanita saat Menggunakan Maskara


"Kulit paling netral adalah kuning, bisa menggunakan warna hangat ke dingin," kata Carolina Septerita, Wardah Professional Make-up Artist di Jakarta, 3 Agustus 2016.


Sesuai dengan perkembangan tata rias, teknik pengaplikasian warna riasan pada kulit juga turut berubah. Warna tata rias bisa dipadu padan, sehingga setiap warna kulit bisa memiliki pilihan warna lebih luas dan tidak membosankan.


"Kalau sawo matang ke gelap bisa ke
earth tone
, karena sekarang banyak perkembangan
make-up
. Teknik pengaplikasian juga bisa di
mix and match
,"ujarnya.


Carol memberikan contoh padu padan yang bisa dicoba untuk bereksperimen menemukan warna yang paling sesuai dengan warna kulit. Dia mengatakan, kulit putih jika selalu mengaplikasikan warna dingin akan membosan, sehingga bisa dicampur dengan warna lebih muda agar netral.


Tapi menurutnya, warna kulit kuning yang paling beruntung, karena bisa mencoba dua-duanya, warna hangat dan dingin. "Tapi semua kembali lagi pada bagaimana cara kita mengaplikasikannya sesuai karakter warna kita," kata dia.


Selain itu, pencampuran warna juga menjadi hal penting agar warna tidak mengalami penurunan tampilan setelah wajah berkeringat atau berminyak. Dia menyarankan untuk mencampur dengan
foundation
kuning.


"Sebab kalau kena keringat atau minyak akan turun 20 sampai 30 persen, tergantung jenis kulit. Karena itu lebih baik di-
mix
dengan kuning," ucapnya.


Dia menuturkan bahwa kuning merupakan warna paling netral dibanding hanya menggunakan satu warna. Karena itu, saran dia, pilih dua
foundation
, satu sesuai warna kulit dan satu lagi warna kuning.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya