Beragam Ramuan Berkhasiat Atasi Bibir Keriput

Bibir wanita
Sumber :
  • Pixabay/Adina Voicu

VIVA.co.id – Bibir memiliki kondisi unik dibandingkan dengan bagian kulit lainnya. Bagian ini tidak dibekali kelenjar minyak untuk menjaga kelembapan. Untuk itu, Anda membutuhkan nutrisi untuk kesehatan bibir mereka.

Ganggu Penampilan, Ini Penyebab dan Cara Mengatasi Bibir Pecah-pecah

Beberapa penyebab bibir terlihat kering dan keriput adalah karena faktor usia. Bertambahnya usia dapat menyebabkan kulit termasuk bibir kehilangan kolagen dan elastin yang berfungsi menjaga bibir tetap penuh dan halus.  

Faktor lainnya yang membuat bibir menjadi tidak menarik, yakni radiasi sinar ultraviolet (UV) yang dapat menurunkan produksi kolagen, merokok, dehidrasi atau pola diet yang salah. Untuk mengatasi kondisi tersebut, berikut ini tujuh ramuan alami yang bisa Anda coba, seperti dilansir dari Boldsky.

Cegah Bibir Kering di Cuaca Terik? Lip Cream Bisa Jadi Jawabannya

Gula pasir

Sama seperti kulit, Anda pun perlu melakukan pengelupasan pada bibir Anda untuk mengangkat lapisan halus dan merah muda di bawah lapisan bibir. Caranya, campurkan satu sendok makan gula dengan setengah sendok minyak zaitun. Gunakan kuas, oleskan ramuan tersebut pada bibir Anda. Gosok dalam gerakan melingkar, bilas bersih dan keringkan.

Ini 4 Cara Atasi Bibir Kering, Sangat Berguna di Bulan Puasa

Minyak vitamin E

Minyak vitamin E mampu menangkal radikal bebas. Vitamin ini dapat mengatasi bibir kering dan bermasalah.

Ambil beberapa tetes minyak di ujung jari Anda. Pijat secara lembut bibir Anda dengan minyak ini selama satu menit. Biarkan semalam maka bibir Anda akan terasa halus di pagi hari.

Kayu manis

Kayu manis dapat digunakan untuk lip balm untuk melancarkan peredaran darah, yang dapat meringankan garis-garis halus dan membuat bibir tampak berisi.

Campurkan satu sendok teh bubuk kayu manis dengan beberapa tetes minyak esensial pilihan, seperti almond atau jojoba oil, kemudian aduk rata. Simpan dalam botol kecil dan gunakan setiap malam sebagai lip balm.

Minyak kelapa

Minyak kelapa merupakan emolien alami, yang kaya akan sifat antibakteri dan antiinflamasi. Selain dapat menghidrasi bibir Anda, juga melindungi terhadap sinar UV yang berbahaya.

Ambil beberapa tetes minyak kelapa murni dan pijat pada bibir Anda. Lakukan dua kali sehari, untuk melihat perbedaan yang signifikan.

Ekstrak biji anggur

Ekstrak biji anggur mengandung vitamin E dan antioksidan yang dapat meregenerasi sel, mengembalikan elastisitas kulit dan mengurangi garis-garis halus. Anda dapat menerapkan ekstrak biji anggur setiap malam sebelum tidur dan lihat perbedaannya dalam seminggu.

Masker pepaya dan madu

Pepaya kaya akan papain, enzim yang menghilangkan sel-sel kulit mati dan merangsang aliran darah. Sementara madu, memiliki kandungan vitamin C yang dapat mengurangi garis-garis halus dan memberikan bibir tampak bervolume dan sehat.

Campurkan dua sendok teh pepaya yang telah ditumbuk dengan madu hingga menjadi pasta. Terapkan campuran ini tipis-tipis pada bibir. Biarkan selama 20 menit, lalu bilas hingga bersih.

Jus nanas

Jus nanas memiliki kandungan vitamin C dan bromelain, yang dapat melindungi bibir dan mampu melawan radikal bebas serta memperbaiki jaringan kulit. Celupkan kapas dalam jus nanas segar yang telah diekstraksi. Oleskan dengan lembut pada bibir dan biarkan selama 10 menit, kemudian bilas hingga bersih.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya