Geliat Kain Indonesia dalam Industri Fashion Dunia

Tenun Ikat Didiet Maulana
Sumber :
  • VIVAnews

VIVA.co.id – Belakangan industri fesyen Indonesia semakin ramai dengan kehadiran desainer-desainer muda berbakat yang sadar akan kekayaan fesyen Tanah Air.

Didiet Maulana Tampilkan Koleksi Busana Wiron di JFW 2024

Salah satunya Didiet Maulana. Pria yang terkenal dengan Ikat Indonesia ini menganggap bahwa tekstil Indonesia tidak hanya digunakan pada saat-saat tertentu saja. Tekstil Indonesia sudah bisa digunakan kapan saja dalam berbagai kesempatan. Hal ini tidak lepas dari tangan-tangan kreatif desainer Indonesia.

"Gairah kain tekstil Indonesia enggak bulan Agustus saja, dulu mindset-nya kain Indonesia itu buat Agustus edition dan sekarang bisa dilihat kapan saja dan banyak desainer lain yang bikin ide yang keren-keren," kata Didiet saat jumpa pers Festival Fashion Kain Indonesia di Gandari City, Jakarta, Jumat, 19 Agustus 2016.

Didiet Maulana: Shopee Buktikan Batik Lokal Juga Layak Ekspor

Tidak hanya itu, Didiet berpendapat bahwa penggunaan kain asli Indonesia tidak hanya menguntungkan penjual, tapi juga para pengrajin kain tersebut.

"Kalau misalnya pakai kain non Indonesia yang happy adalah yang jual, tapi kalau beli kain Indonesia yang happy juga termasuk yang bikin," kata dia.

Dukung Produsen Batik Lokal Berdaya Saing Global, Shopee Pertegas Komitmen untuk Ekspor UMKM

Selain kainnya yang menarik, proses pembuatan kain Indonesia juga unik dan menarik untuk ditelusuri, sehingga ini menjadi potensi besar Indonesia untuk melenggang di industri fesyen dunia.

"Bukan hanya produk akhir, tapi pembuatannya juga menarik untuk disimak. Makin ke timur makin alami, ini menurut saya bisa jadi kekuatan Indonesia untuk bisa muncul di stage fesyen dunia," ujar Didiet. (ase)

Nikita Mirzani

Nikita Mirzani Datengin Didiet Maulana Buat Rancang Baju, Netizen: Mencium Bau-bau Lamaran

Nikita Mirzani kembali membuat para netizen bertanya-tanya. Setelah bikin penasaran soal hubungan asmaranya dengan Rizky Irmansyah yang merupakan ajudan Prabowo Subianto.

img_title
VIVA.co.id
6 Maret 2024