Seluk Beluk Keindahan Kain Tenun NTT

Tenun NTT
Sumber :
  • VIVA.co.id/Diza Liane

VIVA.co.id – Keindahan Indonesia tidak hanya terletak pada alam rayanya, tapi juga adat istiadatnya sehingga menginspirasi banyak orang untuk menelurkan karya menarik. Salah satunya kain tenun khas Nusa Tenggara Timur (NTT) yang menonjolkan keragaman sejarah dan kisah dari tiap motifnya.

Proses Rumit, Harga Tenun Sumba Termahal Bisa Ratusan Juta

"Satu kain tenun itu bisa dibuat dalam waktu satu tahun, karena tidak mudah membuatnya selain itu makna dari motif di kain tersebut juga harus dilestarikan. Salah satunya motif tengkorak, yang artinya itu adalah raja yang meninggal lalu dikubur dalam posisi duduk dengan didampingi kedua pengawalnya yang juga harus dikubur dalam keadaan hidup," ujar pemilik butik LeVico dan pecinta kain tenun NTT, Julie Laikodat, Jakarta.

Ia menuturkan, setiap kustomer yang datang ke butik miliknya, akan disuguhkan dengan berbagai edukasi mengenai makna setiap motif di kain tenun yang ia jajakan. Terlebih, kain tenun NTT ini sendiri memang memiliki keunikan dan kelebihan yang begitu menarik.

Cerita Desainer Kelahiran Jakarta Cinta Tenun NTT

"Yang membedakan kain tenun lain dengan khas NTT yaitu di NTT ada tiga jenis tenun. Pertama jenis Ikat yang motifnya tidak timbul sama sekali, kedua jenis Sotis yang timbul di satu sisi kain, dan Buna Insana yang timbul di dua sisi kain," ucapnya.

Bahkan, kain tenun NTT sendiri sudah pernah terlihat dikenakan oleh selebriti holywood yaitu Orlando Bloom yang mengenakan celana dari kain tenun dan blazer yang dikenakan Katy Perry. Untuk itu, Julie mengakui bahwa salah satu cara tercepat mempromosikan kain tenun adalah melalui fesyen.

Pesona Tenun NTT Makin Diminati

"Dengan membuka butik ini dan kolaborasi dengan desainer, menurut saya adalah salah satu cara tercepat promosikan kain tenun NTT melalui fashion. Apalagi sebenarnya kain tenun NTT ini memang tidak mahal, jadi patut dilestarikan," kata dia.

Busana koleksi Happa

Unik, Busana Ini Terinspirasi dari Tarian 4 Suku di Makassar

Ada makna filosofis di setiap warnanya.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2018