Ketahui Jenis Tabir Surya yang Efektif Lindungi Kulit

Ilustrasi sunblock.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id – Terkena paparan sinar matahari tanpa perlindungan dapat berdampak buruk bagi warna dan kesehatan kulit. Oleh sebab itu, penting bagi Anda menggunakan tabir surya.

Mengapa Harus Tetap Gunakan Sunscreen Meski Cuaca Mendung atau Hujan?

Dengan mengaplikasikan tabir surya sebelum ke luar rumah, kulit akan terlindungi dari bahaya sinar matahari yang memicu produksi melanin, dan pigmentasi, sehingga membuat kulit menjadi gelap. Kendati demikian, banyak orang yang kurang paham saat memilih tabir surya yang benar dan tepat.

Dr Mardiati Ganjardani, SpKK menyarankan memilih tabir surya berbasis krim atau losion, karena lebih bisa menjaga dan efektif melindungi kulit. Sementara tabir surya semprot sebaiknya digunakan untuk pengulangan.

Review: Complete No-Stress Physical Sunscreen Ver.3, Tangkal Polusi dan Cuaca Ekstrem

"Sebenarnya tabir surya secara teori, yang lebih baik adalah dengan cara topikal (oles) dengan krim atau losion. Hanya saja untuk pengulangan, yang semprot lebih efisien," kata dia kepada VIVA.co.id saat ditemui dalam acara peluncuran Skin Defence Multi-Protection Essence SPF dan Drop of Light The Body Shop di kawasan Jakarta Pusat, Jumat, 9 September 2016.

Mardiati mengingatkan untuk berhati-hati dalam menerapkan tabir surya semprot. Sebab tabir surya jenis ini mengandung mineral yang bisa terakumulasi dengan saluran pernafasan. "Itu berpotensi memicu gangguan pernapasan," ujarnya.

Benarkah Tinted Sunscreen Lebih Bagus dari Tabir Surya Biasa?
Ilustrasi memakai sunscreen

Hindari Kanker Kulit, Ini Pentingnya Re-Apply Sunscreen

Nah, apakah kamu tahu bahwa pengolesan ulang atau reapply sunscreen juga sama pentingnya? Yuk simak penjelasan dan bagaimana cara mengaplikasikannya di artikel berikut!

img_title
VIVA.co.id
26 Maret 2024