Ternyata Air Bisa Jadi Penyebab Rambut Kusut

Ilustrasi rambut kusut
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id – Sebagian orang yang sering bepergian atau pindah tempat tinggal pasti pernah mengalami hal ini, seperti kulit bersisik atau rambut kasar. Seringkali sampo atau sabun yang menjadi kambing hitam atas masalah itu.

Mitos dan Fakta Mengenai Rambut: Uban, Stres dan Genetik

Padahal ternyata kandungan dan kualitas air menjadi salah satu pengaruh terjadinya hal-hal tersebut. Air yang baik seharusnya mengandung setidaknya enam mineral penting, seperti fluoride, natrium, kalsium, magnesium, zat silica dan zinc.

Air berkualitas akan memberikan manfaat tidak hanya bagi tubuh tapi juga kecantikan. Namun, umumnya masyarakat tidak mengetahui apa saja kandungan air yang ada di rumah.

Memilih Minyak Rambut Terbaik: Panduan untuk Rambut Sehat dan Berkilau

"Di Indonesia, permasalahan air cukup besar, kadar air terlalu banyak tercepar polusi. Orang berpikir yang penting mandi, keramas pakai sampo. Padahal kalau air enggak bersih itu sama saja," kata Dr.Dewi Anggreani Indra, M.Biomed, usai acara peresmian showroom BWT, di Jakarta Selatan, 16 September 2016.

Pencemaran yang dimaksud olehnya adalah tidak jelasnya sumber air yang digunakan sehari-hari dan kurangnya kepedulian masyarakat akan air berkualitas.

Tak Hanya Kulit Wajah, Rambut Juga Butuh Skincare

Manfaat air berkualitas bagi kecantikan juga tidak bisa dipandang sebelah mata.

"Untuk kelembapan kulit, anti aging kulit (karena air memberi kelembaban tinggi bagi manusia, kalau kurang minum kulit kering dan keriput), mengatasi permasalahan kulit, mengurangi stres (contoh seperti berendam di air hangat untuk relaksasi), membersihkan dan membilas rambut (kalau rambut tidak bersih akan sebabkan rambut kering, pecah-pecah)," ujar Dewi.

Masalahnya, masyarakat kita terbiasa berpikir air untuk mandi yang penting terlihat bersih, tanpa tahu sumbernya dari mana, atau apa kandungan dalam air tidak akan berakibat buruk pada tubuh, karena meskipun terlihat bersih, dalam air tersebut terdapat zat-zat mikroba, bakteri, parasit, yang tidak akan terlihat jika tidak dilihat dengan menggunakan mikroskop.

"Orang prinsipnya semakin dalam digali air lebih bersih, memang air di permukaan lebih banyak kesempatan tercemar, tapi semakin dalam menggali bukan berarti dapat air bersih, tergantung setiap area. Kedalaman saat menggali juga tidak jadi patokan, patokannya saat menggali, menemukan air, lakukan tes lab. Apakah kadar air cukup untuk kehidupan sehari-hari, bukan hanya untuk mandi dan minum," kata Dewi

Dewi menambahkan, masalah rambut kusut, tidak berkilau, kita seringkali menyalahkan sampo, atau terlalu sering kontak dengan alat penata rambut, meski benar, namun tidak sepenuhnya hal tersebut menjadi penyebab, karena air yang digunakan saat keramas juga turut andil membuat rambut mudah kusut.

"Rambut kusut, bisa karena sudah kusut, sampo salah, tapi air lebih penting lagi. Sudah pakai kondisioner, pelembab tapi rambut masih kusut, maka kita cari tahu apakah konsumsi airnya kurang sehingga supply tidak cukup, rambut jadi kering, habis renang kandungan kaporit tinggi, rambut jadi kusut. Tapi sumber air enggak bagus, rambut lebih kusut afau ngembang," jelasnya.

Untuk itu, air bagi kecantikan yang perlu diperhatikan adalah,"Air tidak berasa, tidak berbau, tidak ada warna, kalau mau aman tes. Untuk kulit sensitif lebih concern, lebih hati-hati."

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya