Tips Sederhana Rawat Kulit di Musim Pancaroba

Jangan lupa asupan air putih, jus atau smooties.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id – Perubahan musim atau pancaroba, tidak hanya membuat kuman dan jamur mudah berkembang biak. Cuaca panas dan hujan yang terjadi bergantian di musim ini, juga dapat mempengaruhi kelembaban kulit.

Waspada Musim Pancaroba, Begini Cara Tetap Sehat Saat Berpuasa

Tidak hanya itu, musim pancaroba juga dapat membuat kulit menjadi lebih mudah kering dan kusam. Ini terjadi disebabkan kurangnya pasokan nutrisi dari udara yang tidak menentu, sehingga membuat kulit mudah kering. Tak jarang, sering pula menyebabkan kulit mudah mengelupas dan pecah-pecah.

Bila mengalami hal ini, Anda tidak perlu panik. Ada perawatan sederhana yang bisa Anda lakukan untuk mengembalikan kelembaban alami kulit.

Trik Cegah Anak Sakit di Sekolah saat Pandemi dan Musim Pancaroba

"Sebetulnya saat musim pancaroba perawatan kulitnya enggak ada yang spesifik. Hanya saja saat musim hujan mungkin kulit lebih tampak kering jadi bisa dilembabkan dari dalam yakni dengan mengonsumsi air putih yang cukup," ujar dr. Sari Chairunnisa, SpKK kepada VIVA.co.id, Senin, 26 September 2016.

Sari juga menyarankan saat cuaca panas, agar elastisitas kulit tetap terjaga, ketika ke luar rumah jangan lupa untuk menerapkan tabir surya. Bahkan, saat musim hujan sekali pun. Sebab tak hanya cuaca panas yang dapat merusak kulit, air hujan yang menyentuh permukaan kulit juga dapat merusak lapisan pelindung serta kelembapan kulit.

Ini Resep Mudah Sajikan Minuman Herbal Kaya Khasiat di Musim Pancaroba

Hal ini akan semakin parah jika kulit yang terkena air hujan langsung terkena sinar matahari. Solusinya, gunakan tabir surya dengan SPF yang tepat secara teratur.

Kemudian pilihlah baju dengan bahan yang sejuk dan hindari penggunaan pakaian yang terbuat dari bahan rayon, nilon, wol dan poliyester. Sebab bisa menyebabkan kulit Anda menjadi iritasi.
 
"Untuk perawatan bibir, gunakan lip balm agar bibir Anda tidak mudah kering dan pecah-pecah. Selanjutnya konsumsilah vitamin secara teratur untuk menjaga daya tahan tubuh Anda saat beraktivitas saat musim pancaroba."

Pemudik Mulai Tiba di Stasiun Kejaksan Kota Cirebon (ilustrasi)

Imbauan PB IDI Agar Mudik dan Liburan Tetap Sehat di Musim Pancaroba

PB IDI mengingatkan masyarakat untuk menjaga kesehatan dengan lakukan sejumlah persiapan dan pencegahan sebelum perjalanan baik liburan ataupun lainnya di musim pancaroba

img_title
VIVA.co.id
11 April 2024