Tanda Kosmetik Anda Tidak Aman

Ilustrasi kosmetik
Sumber :
  • Pixabay/purplegillian

VIVA.co.id – Bagi para wanita, memulas kosmetik merupakan sebuah kebutuhan. Ketergantungan terhadap kosmetik menyebabkan orang kurang menyadari bahaya yang terkandung di dalamnya.

3 Trik Riasan Simple Ziva Magnolya, Tampilan Segar Alami Tanpa Dempul

Butuh kejelian khusus untuk memilih kosmetik yang tepat dan aman untuk diri sendiri. Sebab, pada beberapa kosmetik yang memiliki zat berbahaya justru bisa merusak kulit.

Menurut dokter spesialis kulit, dr Tina Wardhani Wisesa, Sp.KK, kosmetik yang tidak aman digunakan memiliki ciri, seperti tidak terdaftar secara resmi di Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), yang bisa dilihat tidak ada nomor registrasi BPOM.

Industri Kecantikan Meningkat Drastis di Tengah Pandemi COVID-19

"Kosmetik yang tidak aman sebenarnya mudah dicermati, seperti tidak adanya izin BPOM dan tidak ada nomor registrasi. Anda bisa amati bila memiliki warna dan tekstur tidak seperti umumnya, bisa jadi tidak aman," ujar Tina kepada VIVA.co.id, belum lama ini.

Di samping itu, kosmetik yang memberi hasil instan patut dicurigai. Sebab, ada kemungkinan kosmetik tersebut telah dicampuri dengan bahan berbahaya, seperti hidroquinon atau merkuri.

Miliki Mitra Ibu Rumah Tangga Terbanyak, MS Glow Raih Rekor MURI

Anda juga harus waspada pada kosmetik yang memiliki aroma menyengat dan tajam. Dia menyarankan untuk menghentikan pemakaian, karena mengandung bahan berbahaya.

"Sebab kosmetik yang aman itu memiliki aroma yang wajar tanpa tambahan parfum," kata dia.

(mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya