Bahaya Kosmetik Bermerkuri dan Berpengawet

Ilustrasi kosmetik/make-up.
Sumber :
  • Pixabay/Schweiz

VIVA.co.id – Kosmetik bisa membuat penampilan wajah seseorang tampak cantik. Namun, perlu dipahami, memilih kosmetik perlu selektif.

Hati-Hati! Krim Pemutih Merkuri Bisa Sebabkan Kehilangan Penglihatan

Jangan hanya tergiur dengan harga murah, karena bisa jadi, kosmetik yang Anda beli mengandung bahan berbahaya mulai dari mercuri, pengawet paraben, Sodium Lauryl Sulfate (SLS) and Ammonium Lauryl Sulfate (ALS),  Isopropyl Alcohol, dan sebagainya yang dapat merusak lapisan kulit, menimbulkan iritasi kulit atau memicu timbulnya kanker kulit.

Efek yang ditimbulkan dalam penggunaan kosmetik mengandung bahan kimia berbahaya mungkin tidak langsung terlihat. Efek berbahayanya bisa timbul dalam jangka waktu yang lama.

Kenali Lebih Dalam Ciri-ciri Skincare yang Mengandung Merkuri

Menurut dr. Jezy Reisya dari MeetDoctor, ada berbagai reaksi negatif yang disebabkan oleh kosmetik yang tidak aman pada kulit maupun sistem tubuh. Yaitu pertama, efek iritasi di mana reaksi langsung timbul pada pemakaian pertama kosmetik karena salah satu atau lebih bahan yang dikandungnya bersifat iritan.

"Kedua reaksi alergi, biasanya muncul setelah dipakai beberapa kali, kadang-kadang setelah bertahun-tahun, karena kosmetik itu mengandung bahan yang bersifat allergenic bagi seseorang meskipun tidak bagi yang lain," kata Jezy pada VIVA.co.id.

Awas, Ini Tanda Bahaya Krim Kulit Mengandung Merkuri

Ketiga, lanjutnya, efek fotosensitisasi, di mana reaksi negatif muncul setelah kulit yang ditempeli kosmetik terkena sinar matahari. "Efek lainnya pada pemakaian jangka panjang yaitu intoksikasi."

Terakota tentara Kaisar China.

Arkeolog Takut Bongkar Makam Kaisar China Ini, Alasannya Mengerikan

Makam yang menyimpan rahasia kaisar China pertama, Qin Shi Huang yang meninggal pada 10 September 210 SM setelah menaklukkan enam negara yang bertikai.

img_title
VIVA.co.id
24 Januari 2023