Perhiasan Unik dan Eksentrik Terbuat dari Gigi Manusia

Perhiasan terbuat dari gigi manusia
Sumber :
  • majeruslucie.eu

VIVA.co.id – Saat tanggal, gigi manusia seringkali dibuang begitu saja. Namun, wanita satu ini justru hobi mengumpulkan gigi manusia dari orang-orang sekitarnya.

Viral Penangkapan Ikan Besar yang Miliki Gigi Layaknya Manusia

Ya, seorang mahasiswa Design Academy Eindhoven, Lucie Majerus, telah menciptakan sebuah perhiasan yang terbuat dari gigi manusia. Koleksi perhiasan karyanya yang diberi nama Human Ivory ini diciptakan sebagai alternatif dari gading gajah.

"Kenapa kita harus melenyapkan gajah hanya untuk giginya yang berharga? Kenapa kita tidak menghargai gigi yang lain juga? Saat gigi saya tanggal, saya tetap menyimpannya dan muncul ide untuk membuat Human Ivory," ujar Majerus seperti dikutip dari laman The Independent.

Geger Penemuan Spesies Baru Ikan Hiu, Memiliki Gigi Menyerupai Manusia

Majerus melanjutkan, dia ingin mengubah perspektif orang terhadap benda berharga dan mempertimbangkan kembali arti berharga yang konvensional. Kebalikan dari nilai materiil, Human Ivory merupakan metafor dari perilaku menghargai diri kita sendiri.

Majerus memamerkan koleksi perhiasannya seperti anting, gelang, bros, dan cincin saat Graduation Show dari Design Academy Eindhoven selama masa Dutch Design Week. Reaksi yang didapatnya cukup beragam.

Ratu Elizabeth II Dimakamkan Hanya Pakai 2 Perhiasan Sederhana

"Yang mengejutkan, sebagian besar orang tidak takut dengan tampilan perhiasannya, tapi sangat menyukai ide untuk menggunakan gading kita sendiri daripada gading gajah," kata Majerus.

Meski begitu, di media sosial, Majerus mengakui bahwa tidak semua orang suka dengan idenya.

Majerus berpikir alasan banyak orang merasa jijik dengan karyanya adalah karena gigi orang dewasa yang lepas berkaitan erat dengan rasa sakit dan kerapuhan, suatu hal yang tidak ingin dihadapi setiap orang.

Tapi, dengan proses pengolahan, seperti menghaluskan gigi, sesuatu yang menjijikan dari gigi manusia berubah menjadi suatu yang menarik dan indah.

Majerus menjelaskan, meskipun gigi merupakan bagian paling keras dari tubuh manusia, tapi gigi lebih halus daripada batu. Gigi juga memiliki bentuk yang sangat kecil, jadi dibutuhkan kesabaran dan perhatian pada detail saat mengerjakannya.

Majerus menggunakan semua bagian gigi orang dewasa. Gigi geraham cukup besar untuk diubah menjadi bentuk mutiara dan gigi seri yang lebih panjang cocok dibuat menjadi bentuk batu seperti tetesan air.

Semua gigi tersebut dibersihkan dengan pemutih sebelum dibentuk dan jika gigi itu memiliki lubang, Majerus memperbaikinya dahulu menggunakan filler berwarna putih, seperti yang dilakukan dokter gigi.

Anting dari gigi manusia

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya